Budaya Kesenian Tradisional Papua

Budaya Kesenian Tradisional Papua - Papua terletak di wilayah Indonesia paling ujung timur dengan kebudayaan unik dan menarik. Apa saja Seni dan budaya  Papua: 

- Alat Musik Tradisional Papua
- Tarian Tradisional Daerah Papua
- Pakaian Adat Tradisional Papua
- Rumah adat papua

  • Alat Musik Tradisional Papua
Tifa adalah alat musik tradisional yang berasal dari Maluku dan Papua. Alat tersebut adalah alat musik tradisional Papua yang paling terkenal sejenis gendang. 

Cara membunyikan alat tersebut dengan cara dipukul pada membran yang terbuat dari kulit rusa. Fungsi alat musik tersebut biasa digunakan untuk musik iringan tarian tradisional, tari perang dan sebagainya. 

  • Tarian Tradisional Daerah Papua
Yosim Pancar (Yospan) adalah istilah untuk menyebut berbagai macam tarian di Papua. Ragam gerak tarian tradisional Papua antara lain:  Tari seka, tari pacul, gale - gale, sajojo, tari balada, Cendrawasih. Tari tersebut digunakan untuk menyambut tamu atau upacara adat. Baca Keunikan Makna Gerakan Tari Papua.

  • Pakaian Adat Tradisional Papua
Pakaian adat wanita dan pria mempunyai bentuk yang hampir sama dengan hiasan - hiasan berupa kalung, gelang, manik - manik dan hiasan di kepala berupa burung Cendrawasih juga rumbai dipergelangan kaki. 

  • Rumah Adat Papua
Honai adalah nama asli rumah khas Papua dan dihuni oleh suku Dani. Rumah honai dibuat dari bahan kayu dan atap terbuat dari jerami ilalang berbentuk kerucut. 

Honai terdiri dari dua lantai dengan fungsi yang berbeda - beda. Lantai satu digunakan untuk tempat tidur dan lantai dua untuk bersantai juga mengerjakan kerajinan tangan. Rumah tersebut tidak terdapat jendela dan pintu kecil. 

Demikian Budaya Kesenian Tradisional Papua da ulasan kesenian daerah Papua. Dapatkan pula ulasan karya seni budaya yang terdapat diberbagai daerah di Indonesia beserta sejarah, makna dan nilai budaya yang terkandung. Dapatkan ragam ulasan seputar seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel