Lima Cabang Seni Dan Unsur - Unsur Seni Berdasarkan Penikmatnya

Lima Cabang Seni Dan Unsur - Unsur Seni Berdasarkan Penikmatnya - Hasil karya seni sangat beragam dan variatif. Karya seni yang diciptakan merupakan hasil dari satu kesatuan berbagai ragam unsur seni. Berikut ini lima cabang - cabang seni berdasarkan penikmatnya :

Lima Cabang Seni Dan Unsur - Unsur Seni Berdasarkan Penikmatnya


Seni Rupa
Karya seni yang dinikmati dengan penglihatan atau visual dan peraba. Karya seni tersebut tercipta dengan memanfaatkan unsur - unsur seni rupa, seperti : garis, bidang, tekstur, warna, volume, gelap terang.  Contoh Karya seni rupa : lukisan, diorama, meja, kursi, patung, spanduk, kaligrafi, poster, reklame, seni grafis dan seni kerajinan. 

Seni Musik 
Karya seni yang dinikmati dengan pendengaran dan diciptakan dengan memanfaatkan unsur nada, bunyi alat musik dan vokal atau suara manusia. Seni musik juga karya seni penggabungan antara alat musik dan vokal. Baca Unsur Keindahan Dalam Seni Musik.

Seni Tari 
Karya seni yang diwujudkan melalui ruang, gerak, irama, waktu, wirasa, wiraga yang merupakan unsur unsur terpenting dari sebuah seni tari serta unsur gerakan anggota tubuh menurut pola tertentu yang teratur dan menghasilkan gerakan indah dan mempesona. Karya seni dinikmati dengan penglihatan dan pendengaran (audiovidusual). Baca Pengertian Tari Tradisional Jenis Tari Serta Contohnya.

Seni Teater
Karya seni yang menggabungkan antara unsur gerakan dan kata. Karya seni teater biasanya terdapat naskah, latar tempat, penokohan dan alat pengiring. Sementara seni teater dinikmati dengan penglihatan dan pendengaran. Baca Pengertian Seni Drama Dan Cakupan Seni Drama.

Seni Sastra
Karya seni yang menggabungkan bahasa, tulisan serta kalimat yang mengandung nilai estetis guna kepuasan rohaniah. Karya seni sastra adalah wujud ungkapan pengalaman jiwa dan perasaan.  Karya seni sastra dapat berupa : 

- Prosa (struktur bahasanya bebas)
- Puisi (struktur bahasanya terikat/berima)
- Drama (struktur bahanya disusun dalam bentuk lakon atau cerita).

Demikian ulasan Lima Cabang Seni Dan Unsur - Unsur Seni Berdasarkan Penikmatnya. Dapatkan ulasan seputar seni budaya tradisional maupun modern yang terdapat di Indonesia dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel