Keunikan Tari Klasik Daerah Nusantara

Keunikan Tari Klasik Daerah Nusantara - Tari Klasik adalah tari yang berkembang disuatu daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun dan menjadi bagian budaya daerah masyarakat tertentu. 

Keunikan Tari Klasik Daerah Nusantara

Tari klasik biasanya dikembangkan oleh para kaum bangsawan di istana yang digunakan untuk keperluan acara tertentu, dengan begitu tari klasik adalah sebagai tarian yang mempunyai fungsi tertentu bagi para bangsawan. 

Perkembangan tari klasik diajarkan pada kaum bangsawan, dan terkesan lebih mewah serta estetis dari segi busana, rias, irama dan penghayatan.

Gerakan tari klasik mengandung makna tertentu, sehingga tari klasik tidak bisa diubah dan terdapat larangan merubah gerakan tarian.  

Keunikan tari klasik juga beragam, hal tersebut terkait dengan tarian klasik yang terdapat di daerah seperti yang diketahui sangat beragam jenis - jenis tari di nusantara yang terdapat dari berbagai daerah yang kaya akan seni budayanya. 

Nilai keindahan pada tari klasik yang berkembang di kalangan bangsawan adalah diciptakan dengan gerakan baku dan setiap gerakan tari bermakna. Adapun beberapa contoh Tari Klasik yang hingga kini masih dilestarikan : 

- Tari Topeng Klana dari Cirebon
- Tari Serimpi dari Yogyakarta

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel