Seni Teater Tradisional Asia India

Seni Teater Tradisional Asia India - Teater tradisional di India diawali dari bentuk narasi yang di wujudkan kedalam bentuk nyanyian dan tarian yang membentuk kesatuan.

Seni Teater Tradisional Asia India

Alur cerita teater tradisional India mengambil cerita kisah Mahabarata dan kisah Ramayana serta tema cinta dan kepahlawanan. Dirunut dari sejarah India pada zaman dahulu terdapat tokoh Bharata Muni (1500 SM – 1000 SM) penulis Natya shastra sebuah risalah yang ditujuklan kepada penulis naskah, aktor dan sutradara. 

Risalah tersebut menuliskan berbagai akting, musik, arsitektur, dramatik, tata busana, properti hingga manajemen produksi dan sebagainya. Baca : Seni teater nusantara dan mancanegara

Makna simbol serta peran dalam dunia teater awalnya dari upacara keagamaan dengan tujuan untuk kesuburan tanaman juga keselamatan masyarakat dalam perburuan. Perkembangan selanjutnya menjadi tontonan kepada khalayak umum dengan memerankan aksi mereka sebagai seni pertunjukan. 

Perkembangan selanjutnya seni teater dijadikan sarana pengajaran dan hiburan dengan mengusung nilai moral, sosial, politik, ekonomi dan sebagainya. Cerita teater tradisional India menceritakan baik dan buruk sehingga penonton dapat mengambil pesan yang terkandung dalam teater yang dipentaskan

Contoh Lakon dalam teater : 

 - "Oedipus Sang Raja”
- “Romeo & Juliet”
- “Mahabharata”
- "Ramayana"
- “Lutung Kasarung”
- “Malin Kundang”, dll.

Demikian ulasan kesenian yang berasal dari India Seni Teater Tradisional Asia India. Dapatkan ulasan seputar kesenian tradisional dan modern nusantara dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel