Alat Musik Petik Tradisional Korea Gayageum

Alat Musik Petik Tradisional Korea Gayageum - Alat musik tradisional Korea mempunyai ragam bentuk dan ragam cara membunyikanya, masing - masing alat musik mempunyai keunikan tersendiri. Alat musik Korea yang dikenal salah satunya adalah Gayageum.

Alat Musik Petik Tradisional Korea Gayageum

Gayageum adalah alat musik petik yang berasal dari Korea yang terdiri dari 12 senar. Alat tersebut dalam catatan sejarah yang dikenal dengan Samguk Sagi diciptakan pada abad ke 6. Alat musik tersebut cara membunyikanya di petik dan sumber bunyi dari dawai.

Samguk Sagi adalah catatan yang menceritakan mengenai tiga kerajaan kuno yang ada di Korea, tiga kerajaan kuno yang ditulis dengan bahasa Tionghoa klasik diantaranya :
  • Goguryeo
  • Baekje
  • Silla
Sedangkan alat musik Gayageum pada zaman Samguk sagi diciptakan oleh raja Gasil kerajaan Gaya, dan oleh kerajaan Silla alat musik tersebut disebar hingga sekarang dan telah mengalami berbagai perkembangan serta modifikasi. 

Pada abad ke 19  akhir zaman Dinasti Joseon diciptakan Gayageum modern yang dinamakan Sanjo Gayageum yang awalnya Gayageum berjumlah 12 dimodifikasi menjadi 13, 17, 18, 21, 22, atau 25 dawai atau senar yang terbuat dari nilon. Sedangkan yang paling banyak dimainkan di Korea Utara adalah Gayageum dengan 21 senar. 

Berdasarkan jenisnya alat musik Gayageum terdiri dari dua jenis sanjo dan jeonga. Fungsi Sanjo digunakan untuk musik solo, dan Jeongak digunakan untuk pertunjukan musik orkestra. Baca Mengenal Alat Musik Samulnori Perkusi Tradisional Korea.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel