Alat Musik Tradisional Korea Bak, Fungsi dan Cara Memainkan

Alat Musik Tradisional Korea Bak, Fungsi dan Cara Memainkan - Korea terkenal dengan seni teater tetapi selain kesenian teater Korea yang telah mendunia terdapat karya seni musik berupa alat musik tradisional yang dinamakan bak yang ditampilkan dalam pementasan musik istana. Alat musik tradisional Korea tersebut terbuat dari kayu berbentuk kastanyet dan menyerupai kipas. Alat musik ini termasuk jenis alat musik tidak bernada.

Alat Musik Tradisional Korea Bak, Fungsi dan Cara Memainkan

Cara memainkan alat musik bak dengan cara dihentakan. Hentakan bersamaan dengan memegang ujungngya sehingga membuka dan menutup kipas lipat sebanyak 3 kali. Fungsi bak dalam pertunjukan musik Korea sebagai penanda mulai dan penanda perubahan musik.

Tidak terdapat nada atau not yang dihasilkan melainkan hanya suara tepukan sederhana yang bersumber dari enam potongan kayu tipis. Sesuai dengan konsep musik Korea bunyi yang dihasilkan adalah suara alami. Baca Alat Musik Perkusi Korea Salmunori.

Pemain alat musik bak dinamakan jib-bak. Seorang pemain bak atau jib-bak adalah seorang konduktor musik istana dan berpengalaman dalam jalanya pertunjukan permainan musik.  

Demikian ulasan seputar kesenian Korea Alat Musik Tradisional Korea Bak, Fungsi dan Cara Memainkan. Dapatkan juga ulasan seputar kesenian tradisional nusantara maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel