Teknik Tahap Pembuatan Karya Seni Ukir

Teknik Tahap Pembuatan Karya Seni Ukir - Seni ukir merupakan suatu aktivitas berkarya seni dengan membuat bentuk gambar pada batu, kayu atau bahan lainya dengan membuat kruwikan atau cekungan dan buledan atau cembung dan terbentuk gambar yang menarik atau indah. 

Teknik Tahap Pembuatan Karya Seni Ukir

Berikut ini tahap - tahap pembuatan seni ukir 

Menyiapkan bahan

Dalam menyiapkan bahan dalam tahap pembuatan ukiran jika yang digunakan untuk mengukir berbahan kayu maka kayu disediakan terlebih dahulu, begitu juga untuk bahan lain yang terlebih dulu disediakan. Bahan yang akan diukir berdasarkan kualitas sehingga setelah terbentuk ukiran akan menjadi bahan sesuai dengan harapan.

Menyediakan Alat Ukir

Alat yang nantinya akan digunakan untuk membuat ukiran kayu, yang disediakan adalah alat - alat ukir seperti : gergaji, palu, Satu set pahat ukir yang terdiri dari: 20 buah pahat penuku + 10 buah pahat datar.  5 buah pahat kol + 3 buah pahat coret (kecil,sedang,besar), coping saw, scrol saw, Jing saw, batu asah, gerinda batu asah.

Tahap - Tahap Mengukir

  • Membuat pola atau gambar yang akan diukir pada bahan yang digunakan
  • Nggetaki memindai garis pada lukisan atau pola pada kayu.
  • Ndasari yaitu tahap mencongkel dari bagian dasar dari luar motif agar lebih dalam.
  • Mbenangi yaitu membentuk benangan atau garis yang terdapat pada motif batang, daun, bunga membentuk garis lekukan pada daun dan bunga.
  • Cawen yaitu garis pada lekukan daun dan bunga.
  • Mbabari yaitu tahap terakhir merapikan atau membersihkan ukiran yang belum sempurna.

Finishing

Finishing yaitu tahap akhir dari proses membuat ukiran. Pada tahap finishing  tahap yang membentuk penampilan dari karya ukiran misalnya ukiran menjadi bersih, halus, rata. Tetapi ukiran dapat dibentuk dengan penampilan kotor, antik, kuno bahkan seperti benda yang berusia ratusan tahun.

Tahap finishing juga dapat menampilkan karya ukiran menjadi tidak rata, retak- retak, bertekstur juga dibuat dengan lapisan film yang tipis atau tebal. Finishing mempunyai peran yang sangat banyak dalam pembuatan karya seni ukir yang telah dikerjakan dengan menggunakan alat - alat finishing yang khusus yang berbagai ragam jenisnya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel