Keunikan Makna Perlambang Motif Batik Tolak Angin dari Aceh

Keunikan Makna Perlambang Motif Batik Tolak Angin dari Aceh - Motif batik yang dibuat oleh para pengrajin batik semata - mata bukan hanya memiliki keunikan juga keindahan akan coraknya saja tetapi juga terdapat berbagai makna yang terkandung.
Keunikan Makna Perlambang Motif Batik Tolak Angin dari Aceh
Motif batik tolak angin Aceh telah ada dan dikenal oleh masyarakat Aceh sejak zaman dahulu dan tidak diketahui secara pasti waktu atau tahun serta sejarah yang benar - benar menjabarkan kapan produk kerajinan batik mulai dikenal di Aceh sebab Aceh sendiri tidak memiliki tradisi membuat batik.

Menurut sumber yang beredar kesenian batik mulai dikenal oleh masyarakat Aceh dimungkinkan kebudayaan tersebut berasal dari Jawa yaitu para pedagang yang berdagang ke Aceh pada zaman dahulu kala, seperti batik tulis juga dikenal masyarakat Aceh sejak zaman kerajaan.

Kain batik yang diproduksi oleh pengrajin batik Aceh memiliki ciri motif makna dan filosofi luhur kehidupan dan menjadi kearifan budaya lokal. Makna dan simbol - simbol hampir terdapat pada setiap motif batik Aceh.

Motif - motif batik Aceh seperti :
  • motif batik rencong
  • motif pintu Aceh
  • motif batik pucok reubong
  • motif batik awan berarak
  • motif batik awan meucanek

Makna Motif Batik Tolak Angin

Makna yang terdapat pada motif batik tolak angin terkait dengan dengan rumah adat, yang pada motif batik menunjukan gambar dengan jumlah ventilasi pada rumah adat.

Sedangkan disisi lain motif batik tolak angin melambangkan perbedaan budaya maupun prinsip satu dengan yang lain masyarakat Aceh pada umumnya.

Demikian ulasan Keunikan Makna Perlambang Motif Batik Tolak Angin dari Aceh. Dapatkan ulasan seputar seni batik daerah Aceh dan dapatkan ulasan karya seni budaya tradisional dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel