Motif Batik Aceh dan Ciri Khas Motif Batik

Motif Batik Aceh dan Ciri Khas Batik Motif - Aceh adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung pulau Sumatera atau provinsi yang terletak paling barat. Provinsi Aceh salah satu provinsi yang diberikan kewenangan sebagai daerah Istimewa.

Aceh banyak terdapat berbagai macam adat tradisi dan kesenian daerah dengan ciri khas kedaerahan. Kesenian yang terdapat di Aceh meliputi kerajinan tangan, alat musik tradisionalb rapai, serune kalee, Seni tari tradisional seperti : Tari saman Aceh, Likok pulo, Landok Alun dan masih banyak lagi kesenian yang terdapat.

Berikut ini kesenian yang banyak digemari oleh para pecinta batik baik dari Indonesia dan mancanegara yaitu Motif Batik khas Aceh.

Motif Batik Khas daerah Aceh dan Ciri Ragam Hias

Aceh daerah ujung pulau Indonesia yang banyak terdapat keunikan karya seni seperti rumah adat, lagu daerah Aceh dan karya seni budaya lainya yang tercipta dan berkembang di Aceh.

Motif Batik Aceh dan Ciri Khas Motif Batik

Selain karya seni budaya tersebut Aceh juga memiliki keunikan  dan ciri khas pada karya batiknya yang terlihat unik dengan berbagai unsur dan budaya Aceh. Paduan warna yang digunakan Batik Aceh menimbulkan kesan yang unik pada karya batik. Warna khas batik Aceh lebih cenderung berwarna cerah seperti warna kuning, hijau, merah, merah muda serta motif seperti bentuk melingkar, sulur dan garis pada motif mencerminkan pengaruh Islam yang kuat.

Kain batik telah dikenal oleh masyarakat daerah Aceh sejak zaman dahulu atau sejak datangnya orang - orang yang berasal dari pulau Jawa ke Aceh. Karya kain batik Aceh berciri dengan perpaduan atau kombinasi alam, budaya yang terdapat di Aceh.

Motif Batik Aceh mempunyai berbagai makna seperti halnya pada motif batik di Jawa : Motif Kawung, Motif wahyu tumurun, Motif Parang dan sebagainya. Motif - motif tersebut memiliki makna filosofis tertentu bagi masyarakat khususnya di Jawa.

Sedangkan beberapa motif batik Aceh dengan makna dan filosofi yang luhur dalam kehidupan seperti motif :

- Motif pintu Aceh
- Motif tolak angin
- Motif batik bungong jeumpa
- Motif batik awan meucanek
- Motif batik rencong
- Motif batik Gayo Aceh
- Motif batik pucok reubong

Demikian ulasan seputar Motif Batik Aceh dan Ciri Khas Motif Batik. Dapatkan  juga ulasan kesenian daerah yang terdapat didaerah Aceh, seni budaya Aceh tradisional maupun modern, seni budaya Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel