Asal Mula Motif Batik Kebanggaan Masyarakat Banten

Asal Mula Motif Batik Kebanggaan Masyarakat Banten - Banten merupakan daerah Kabupaten yang terletak  di pulau Jawa yang paling barat. Kata Banten telah ada sebelum berdirinya kesultanan Banten. Kata tersebut digunakan untuk menamai sebuah sungai yang terdapat didaerah sekeliling Cibanten atau sungai Banten.

Daerah Banten memiliki berbagai ragam kesenian yang terkenal dan unik seperti kesenian pertunjukan  dan jenis seni kerajinan ragam hias motif batik yang menjadi kebanggaan daerah Banten.

Kesenian membatik yang ada di Banten memproduksi berbagai ragam motif batik yang cukup terkenal, yaitu :

- Batik Sabakingking
- Motif Batik Mandalikan
- Motif Batik Srimanganti
- Motif Batik Pasepen
- Motif Batik Pejantren
- Motif Batik Pasulaman
- Motif Batik Kapurban
- Motif Batik Kawangsan
- Motif Batik Pamaranggen
- Motif Batik Surosowan
- Motif Batik Pancaniti

Asal Mula Motif Batik Kebanggaan Masyarakat Banten

Motif batik yang diproduksi oleh para seniman Banten merupakan motif yang sudah ada sebelumnya yang ditemukan pada benda - benda peninggalan pada zaman keraton Surosuwan kemudian motif - motif tersebut diproduksi pada kain batik. Benda kuno tersebut berupa bermacam - macam gerabah dan keramik kuno, dengan begitu kesenian batik Banten mampu untuk memberikan apresiasi tersendiri bagi penggemar batik. 

Demikian ulasan tentang Asal Mula Motif Batik Kebanggaan Masyarakat Banten dengan keunikan sera corak juga motif batik banten lainya yang unik serta bernilai estetis. Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan keberadaan karya seni batik di daerah Banten Jawa barat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel