Batik Seraci Ragam Hias Batik Budaya Bekasi

Batik Seraci Ragam Hias Batik Budaya Bekasi - Bekasi yang terletak di pinggiran DKI Jakarta pada zaman dahulu terdapat tradisi membatik. Kegiatan membatik yang terdapat di daerah tersebut menghasilkan karya seni batik yang terkenal pada zaman penjajahan dengan mengikuti pameran di Belanda.

Batik Seraci Ragam Hias Batik Budaya Bekasi

Ornamen batik yang dahulu pernah diproduksi oleh masyarakat Bekasi kini mulai digali kembali oleh pemerintah daerah setempat sebagai warisan budaya daerah yang patut untuk tetap dilestarikan dengan semakin menggencarnya perkembangan industri batik di indonesia yang hampir terdapat disetiap daerah.

Motif batik yang diciptakan oleh para pengrajin di daerah Bekasi sangat unik dengan berbagai ragam corak yang bersumber dari alam dan dua budaya daerah yaitu budaya Betawi dan budaya Sunda, walau begitu daerah dengan julukan kota Patriot tersebut tetap memiliki ciri tersendiri.

Keunikan budaya batik Bekasi dirancang oleh seniman dan desainer batik pada zamanya, karya seni batik daerah Bekasi yang terkenal adalah batik Seraci. Batik Seraci merupakan seni ragam hias batik menggambarkan dua budaya daerah yang berkembang di Bekasi.

Perkembangan batik  Seraci kini mampu memberikan inspirasi terhadap motif batik Betawi dengan budaya khas Betawi Jakarta dan berciri khas masyarakat Betawi Bekasi.

Selain sebagai wujud pelestarian budaya, batik adalah sebuah karya seni yang memiliki ciri tersendiri sebagai identitas daerah dari mana batik tersebut berasal.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel