Seni Batik Banten dan Corak Desain Motif Batik Datulaya Banten

Seni Batik Banten dan Corak Desain Motif Batik Datulaya Banten - Motif Batik Datulaya sebuah karya seni batik yang berasal dari daerah Banten dan termasuk 12 motif batik yang telah di patenkan dan telah diakui oleh seluruh dunia. Banten memiliki 75 motif batik dan daerah provinsi pertama kali yang telah mematenkan motif batik.

Seni Batik Banten, Corak Desain Motif Batik Datulaya Banten

Desain motif batik Banten berasal dari benda - benda kuno peningalan zaman Kesultanan Banten yang kemudian dipatenkan setelah ada kaian di Malaysia dan Singapura dan menjadi karya seni batik yang mempunyai hak paten di UNESCO.

Batik Banten adalah sebagai warisan budaya lokal yang telah mengakar dan berkembang sepanjang zaman. Sebagai usaha pelestarian batik oleh Pemerintah daerah Banten menugaskan pemakaian batik pada hari - hari tertentu yang juga sebagai suatu keindahan karya seni daerah.  

Motif Batik Datulaya


Desain motif batik Datulaya bentuk dasarnya belah ketupat berbentuk bunga dan lingkaran dalam pigura sulur - sulur daun. Sedangkan pada booh menggunakan warna dasar yang berupa stilir topeng manusia.

Warna - warna dasar yang digunakan adalah warna biru, warna abu - abu dan warna kuning.

Warna biru digunakan sebagai motif dasar, warna abu - abu digunakan pada pigura sulur - sulur, warna kuning digunakan untuk warna dasar kain, dan warna biru pada booh.

Nama motif Datulaya diambil dari nama Datu : Pangeran dan Laya: residen atau tempat tinggal pangeran.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel