Motif Pamaranggen Corak Motif Kain Batik Provinsi Banten

Motif Pamaranggen Corak Motif Kain Batik Provinsi Banten - Pamaranggen adalah motif kain batik yang berasal dari daerah Banten dan termasuk motif yang telah telah dipatenkan oleh Pemerintah daerah Banten sebagai karya seni daerah yang lahir dan tumbuh berkembang di daerah Banten.

Motif Pamaranggen Corak Motif Kain Batik Provinsi Banten

Karya seni Banten khususnya kerajinan batik oleh masyarakat Banten merupakan sebuah karya seni yang tetap dikembangkan sebagai wujud pelestarian budaya lokal yang telah lama ada sejak zaman keraton kesultanan Banten.

Motif - motif batik yang diproduksi oleh para pembatik atau pengrajin batik Banten merupakan aktivitas yang telah ada sejak zaman keraton kesultanan Banten dan menyurut setelah kerajaan Banten berakhir. Tetapi setelah penemuan benda -  benda kuno oleh para arkeolog aktivitas membatik mulai di produksi.

Perkembangan membatik berawal pada tahun 2002 dengan motif  batik dari pola hias yang terdapat benda - benda kuno begitu juga penamaan pada batik yang mengambil dari nama - nama tempat, ruangan, bangunan dan nama gelar bangsawan

Motif Batik Pamaranggen


Motif dasar batik berbentuk belah ketupat  dan hiasan bunga ditengahnya dan variasi pada motif sayap kupu - kupu juga variasi garis spiral sebagai bentuk dasarnya seperti yang terlihat pada gambar motif.

Warna merah digunakan untuk dasar motif, warna coklat muda pada sayap kupu - kupu dan booh berwarna hitam. Motif Pamaranggen yang digunakan dalam penamaan motif diambil dari nama daerah masyarakat Banten yang berprofesi pembuat keris. Adapun beberapa jenis motif batik Banten yang mengambil dari nama tempat antara lain: Motif Pasulaman, Motif batik Pejantren dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel