Makna Ragam Hias Motif Batik Pamiluto Solo Surakarta Jawa Tengah

Makna Ragam Hias Motif Batik Pamiluto Solo Surakarta Jawa Tengah - Surakarta dikenal sebagai kota budaya dan kota batik selain berbagai tempat wisata budaya. Berbagai ragam kesenian banyak tercipta dari kota tersebut yang tercipta tumbuh berkembang dan dilestarikan hingga sekarang.

Makna Ragam Hias Motif Batik Pamiluto Solo Surakarta Jawa Tengah

Keunikan karya seni di Surakarta mencerminkan sosial budaya pada zamanya, seperti kesenian yang diciptakan dari lingkungan keraton mempunyai ciri khas tersendiri yang lekat dengan budaya keraton Surakarta Hadiningrat.

Motif Batik Pamiluto Surakarta


Batik Pamiluto adalah batik yang berasal dari Surakarta yang diciptakan oleh para pengrajin batik di Surakarta dan merupakan kesenian daerah yang menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung.

Terdapat beberapa sentra batik yang ada di Solo diantaranya kampung batik Laweyan  yang pengrajin batik berasal dari kampung setempat, sentra wisata batik Kauman dan banyak lagi daerah pembuat batik di Surakarta. Membatik adalah budaya yang diwariskan secara turun temurun  juga sebagai jenis kesenian yang mendarah daging bagi masyarakatnya.

Batik yang telah dikenal sejak dahulu kala secara tidak langsung menjadi identitas bangsa Indonesia. Pada zaman dahulu membatik dikenal sebagai pekerjaan eksklusif dan menjadi mata pencaharian bagi perempuan di Jawa.

Terdapat beberapa ciri khas Solo yaitu dalam proses maupun tulisnya serta menggunakan bahan lokal untuk membuat pewarna yaitu Soga.

Motif batik yang terdapat di Solo beranekaragam motif dan beranekaragam makna, jadi lain motif lain makna. Makna batik diproduksi dengan makna membawa kebaikan bagi pemakainya, Salah satu ragam hias batik Solo yaitu batik Pamiluto yang berasal dari bahasa Jawa "pulut" (Sesuatu yang sifatnya lekat, lengket dan sejenisnya).

Makna batik ornamen batik Pamiluto agar ikatan pernikahan tetap langgeng. Sedangkan kain batik bermotif Pamiluto dipakai oleh ibu dari pihak mempelai wanita pada waktu tukar cincin.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel