Makna Desain Motif Batik Tambal Seni Ragam Hias Batik dari Yogyakarta

Makna Desain Motif Batik Tambal Seni Ragam Hias Batik dari Yogyakarta - Yogyakarta dikenal dengan kota budaya, budaya yang terkenal dari Yogyakarta adalah pada bidang kesenian tradisional dan modern. Kesenian tradisional merupakan warisan budaya yang sangat lekat dengan budaya keraton Yogyakarta. Julukan lain dari Yogyakarta adalah sebagai kota batik karena banyak dijumpai industri batik di wilayah Yogyakarta.

Makna Desain Motif Batik Tambal Seni Ragam Hias Batik dari Yogyakarta

Yogyakarta dengan julukan kota batik karena banyak motif yang diproduksi yang berasal dari daerah tersebut. Karya seni yang tercipta bukan semata - mata dinikmati keindahanya saja tetapi juga kegunaanya, bahkan dari beberapa motif yang diciptakan mengandung makna filosofi mendalam sebagai karya seni yang telah dikenal oleh daerah tersebut sejak zaman purbakala.

Keunikan batik yang diciptakan adalah sebuah kreativitas eskpresi dari para desainer atau perancang batik yang menggabungkan berbagai obyek seperti obyek alam, tumbuh - tumbuhan hewan, awan, gunung, laut dan sebagainya yang digubah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah karya seni yang bermakna selain sebagai usaha industri kreatif. 

Motif Batik Tambal

Motif batik tambal adalah motif inspiratif bagi para perancang kain batik Yogyakarta terutama pada tahap pembuatan motif batik. Desain motif batik tambal berbentuk kotak - kotak, kotak pada corak batik tambal lebih ditonnjolkan dengan kombinasi warna gelap dan terang.

Ciri khas dari motif batik tambal adalah kerokan. Sedangkan ciri lainya dapat dilihat pada gambar motif yang terdiri dari motif ceplok dan motif parang maupun motif peru yang didesain menjadi kotak - kotak dan terciptalah ragam hias batik tambal.

Makna Motif Batik Tambal 

Pada zaman dahulu kain batik tambal digunakan untuk sarana pengobatan orang sakit yaitu dengan menyelimuti orang sakit dengan kain yang bermotif tambal. Makna yang terkandung dalam motif tambal adalah memperbaiki hal - hal rusak, sebuah makna yang cukup mendalam dalam kehidupan manusia sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel