Karya Seni Batik Tulis Gumelem Banjarnegara dan Ciri - Ciri Motif Batik

Karya Seni Batik Tulis Gumelem Banjarnegara dan Ciri - Ciri Motif Batik Gumelem - Banjarnegara adalah daerah yang terletak di Jawa tengah dengan berbagai jenis kesenian yang terdapat didaerah tersebut, salah satunya adalah jenis kesenian batik Gumelem. 

Karya Seni Batik Tulis Gumelem Banjarnegara dan Ciri - Ciri Motif Batik

Batik Banjarnegara Gumelem merupakan karya seni batik tulis yang telah lama ada dan berkembang didaerah tersebut hingga kini tidak diketahui asal mula kesenian batik di Banjarnegara.

Berdasarkan cerita rakyat asal mula kerajinan batik di Banjarnegara dikembangkan oleh para pengikut pangeran Puger yang berpindah tempat pada tahun 1800 an. Hal tersebut seperti yang terjadi pada asal mula perkembangan batik di daerah di Indonesia pada umumnya perkembanganya berawal dari kerabat keraton yang berpindah tempat keluar keraton.

Pengikut pangeran Puger yang bernama Najendra adalah seniman batik yang pertama mengembangkan batik di Banjarnegara dengan pembuatan batik teknik celup yang bertempat di Sokaraja yang akhirnya oleh para seniman setempat aktifitas pembuatan batik semakin berkembang dan memunculkan batik baru yang dikenal dengan batik tulis Gumelem.

Batik Gumelem tidak terlalu terkenal seperti batik  yang berasal dari daerah lain seperti Kawung, batik parang dan sebagainya. Tetapi batik tulis gumelem pernah mengalami kejayaan karena terjadinya krisis politik diwilayah Banjarnegara dan Surakarta pada tahun 1965.

Ciri - Ciri Batik Gumelem Banjarnegara

Ciri batik Gumelem terdapat pada pewarnaan dan motif. Warna yang digunakan pada batik gumelem menggunakan warna coklat, kuning dan hitam. Sedangkan motif batik gumelem bertema tumbuhan yang berbentuk bunga, ada juga motif yang dibuat oleh pembatik daerah tersebut berupa motif kawung dan motif parang.

Pusat produksi batik Gumelem terletak di desa Gumelem yang terletak berdekatan dengan daerah Banyumas.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel