Macam Keunikan Karya Seni Ornamen Keketusan Bali

Macam Keunikan Karya Seni Ornamen Bali Keketusan - Ornamen juga disebut dengan ragam hias yang merupakan obyek karya seni yang dibuat oleh seniman. Karakteristik seni ornamen keketusan dengan pola pengulangan. Keketusan dalam bahasa Bali berarti "lepas". Terdapat tiga pola pengulangan dalam aplikasinya.

Pemasangan ornamen keketusan dalam bidang dibuat pada bidang memanjang yang disesuaikan dengan kondisi bangunan dengan lebar bidang 3 -8 cm. Ornamen keketusan terdapat beberapa jenis yang dikenal hingga sekarang, yaitu :


  • Kakul - kakulan
 Ornamen kakul - kaluan seperti yang tampak pada gambar merupakan stilirisasi dari binatang keong atau siput yang dalam bahasa setempat disebut dengan "kakul". Dalam penerapan ornamen bentuk keong dimodifikasi dengan bentuk lingkaran, garis melengkung.
  • Mas-masan
Ornamen keketusan mas - masan adalah sebuah susunan simetris dari stilirisasi daun telinga babi/daun waru.
  • Batun timun
Ornamen batun mentimun berbentuk biji buah mentimun yang dalam bahasa Bali disebut dengan "batun mentmun" . Aplikasi ornamen keketusan jenis batun mentimun didesain dengan posisi diagonal secara berulang yang dikolaborasikan dengan keketusan jenis mas-masan.
  • Ganggong pae
Ornamen genggong adalah  tanaman persawahan yaitu tanaman kapu - kapu atau apu - apu yang distirilisasi. Adapun karakteristik dari tanaman tersebut adalah bentuk daun yang lebar dengan ujung yang berbentuk setengah lingkaran.
  • Kuping guling
Kuping guling mengimajinasikan babi yang telah dimasak. Sesuai dengan namanya kuping adalah bagian anggota tubuh binatang babi yang berarti telinga sedangkan 'guling"  memasak dengan cara dipanggang. Terdapat penambahan kreasi pada ujung telinga babi yang menyerupai daun.
  • Gigi Barong
Terdapat dua jenis bentuk stilirisasi yang terdapat pada ornamen Gigi Barong, yaitu gigi barong da pinggiran atap genteng. Gigi Barong adalah simbol kepercayaan masyarakat hindu. Bentuk keseluruhan dari ornamen keketusan gigi Barong merupakan kombinasi keketusan genggong dan mas- masan.
  • Ornamen Batu  - Batuan
Ornamen batu- batuan adalah ornamen yang disusun beraturan, ornamen jenis ini dapat dilihat pada lukisan pewayangan. Pada bagian bawah ornamen merupakan bentuk kombinasi keketusan jenis batu-batuan dan genggong yang disederhanakan.
  • Ornamen Bias Membah
Ornamen bekas membah bentuk pasir yang berirama yang terkena deburan ombak yang distirilisasi dan dijadikan obyek dalam ornamen ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel