Pengertian Ornamen Peranan Karya Seni Ornamen dan Motif Pola Ornamen

Pengertian Ornamen Peranan Karya Seni Ornamen dan Motif Pola Ornamen - Ornamen berasal dari kata  bahasa latin "ornare" yang berarti menghias, dekorasi atau hiasan. Ornamen disebut juga dengan desain ragam hias. Pada dasarnya ornamen merupakan karya seni dekoratif yang berfungsi untuk menambah keindahan suatu benda atau produk baik benda yang digunakan atau benda yang dinikmati keindahanya saja.

Pengertian Ornamen Peranan Karya Seni Ornamen dan Motif Pola Ornamen

Terdapat beberapa pendapat yang menyatakan seni ornamen, Dalam Ensiklopedia Indonesia  p. 1017 ornamen adalah setiap hiasan bergaya geometrik atau bergaya lain, ornamen dibuat pada suatu bentuk dasar dari suatu hasil kerajinan tangan (perabotan, pakaian dan sebagainya) termasuk arsitektur.

Pendapat lain mengungkapkan;

Ornamen adalah pola hias yang dibuat dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Ornamen juga merupakan perihal yang akan menyertai bidang gambar (lukisan atau jenis karya lainnya) sebagai bagian dari struktur yang ada didalam. (Susanto, 2003).

Aktivitas hias menghias di Indonesia adalah suatu tradisi dan erat dengan kegiatan berkarya seni rupa. Penerapan seni ornamen dapat dilihat pada berbagai media seperti alat angkutan, bidang arsitektur, alat - alat upacara, benda souvenir, pakaian, perabotan rumah tangga dan sebagainya, hal tersebut betapa pentingnya peranan seni hias ornamen bagi kehidupan masyarakat. Baca Pengertian, Fungsi Dan Bentuk - Bentuk Ornamen.

Motif Pola Ornamen

Motif adalah bentuk dasar dari ornamen. Motif ornamen meliputi:

- Motif geometris
Motif geometris cenderung membentuk garis - garis seperti garis lengkung, lurus, segitiga, lingkaran, meander, swastika, pilin dan lain sebagainya. Penerapan bentuk geometris beragam media dan teknik. Teknik yang digunakan antara lain dipahat, digambar dan dicetak.

- Motif tumbuhan

Motif tumbuhan beranekaragam bentuk dan sulit dikenali jenis atau tumbuhan apa yang menjadi obyek dalam pembuatan motif. Motif tumbuhan adalah gubahan dari bentuk aslinya dengan cara natural atau stilirisasi sesuai dengan kreativitas seniman.

- Motif binatang

Motif binatang adalah gubahan dari bentuk binatang yang dikombinasikan dengan motif lainya. Motif binatang mengambil bagian - bagian tertentu.

- Motif manusia
Ornamen dengan obyek manusia terdapat beberapa unsur baik secara terpisah seperti kedok atau topeng atau bentuk secara utuh seperti bentuk pewayangan.

- Motif Alam
pembuatan motif alam dengan menggubah sedemikian rupa dari obyek tertentu dengan tidak menghilangkan sifat benda dan unsur - unsur estetis atau keindahan.

- Motif Kreasi
Motif kreasi atau alam khayalan motif yang dihasilkan adalah hasil imajinasi atau luar dunia nyata. contoh bentuk motif kreasi, motif ikan duyung, motif kala, motif makhluk gaib dan sebagainya.

Demikian ulasan  Pengertian Ornamen Peranan Karya Seni Ornamen dan Motif Pola Ornamen, dapatkan ulasan kesenian seputar ornamen dengan berbagai keunikan yang terkandung pada karya seni dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel