Seni Ragam Hias Batik Tradisional Motif Alas - Alasan Bayat Klaten Jawa Tengah

Seni Ragam Hias Batik Tradisional Motif Alas - Alasan Bayat Klaten Jawa Tengah - Batik dikenal sebagai warisan budaya tak benda yang telah dikenal sejak zaman dahulu kala oleh penduduk daerah Jawa. Keahlian membatik diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Seni Ragam Hias Batik Tradisional Motif Alas - Alasan Bayat Klaten Jawa Tengah

Batik merupakan karya seni yang dalam perkembanganya mampu menopang roda ekonomi daerah yang dihasilkan oleh para pembatik dengan berbagai teknik pembuatan. Salah satu teknik membuat batik yang terkenal akan kualitasnya adalah batik tulis yaitu dengan menorehkan canting atau menggambar motif batik langsung pada kain batik.

Pembuatan batik tulis selain menghasilkan karya yang indah dan berkualitas juga mampu mengasah kesabaran dan ketelitian pembatik, sehingga untuk menghasilkan kain batik tulis memakan waktu lebih lama.

Motif batik yang dibuat dengan teknik lukis salah satunya adalah motif batik alas - alasan yang menggambarkan hutan yang lengkap dengan tumbuh - tumbuhan dan binatang (flora dan fauna) yang terdapat didalamnya.

Motif alas - alasan adalah motif batik tradisional yang berasal dari Keraton Surakarta, pada zaman dahulu dipakai oleh Raja untuk keperluan upacara Keraton.

Dalam perkembanganya motif batik alas - alasan kini diproduksi diberbagai daerah salah satu daerah penghasil batik motif alas - alasan yaitu daerah Bayat Kabupaten Klaten.

Daerah tersebut dikenal sebagai daerah penghasil kain batik halus dan pewarnaan sempurna yang diproduksi oleh beberapa industri batik di daerah Bayat. Salah satu motif yang diproduksi adalah motif batik alas - alasan.

Bahan batik utama industri batik Bayat menggunakan kain mori yang digambari motif secara langsung oleh seniman menggunakan pensil. Batik Bayat motif alas - alasan adalah salah satu motif batik tulis asli Bayat Klaten Jawa Tengah.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel