Motif Alas - Alasan Seni Ragam Hias Batik Tradisional dan Maknanya

Motif Alas - Alasan Seni Ragam Hias Batik Tradisional dan Maknanya - Motif batik alas alasan adalah karya seni kerajinan batik tradisional yang telah dikenal masyarakat nusantara dan mancanegara. Seni batik mampu memberikan apresiasi tersendiri bagi penggemar batik melalui corak motif sebagai karya seni berciri daerah. Kesenian batik juga menjadi kekayaan budaya daerah dan nasional seperti kesenian batik Banten yang telah dipatenkan oleh UNESCO.

Motif Alas - Alasan Seni Ragam Hias Batik Tradisional dan Maknanya

Seni ragam hias batik di Indonesia telah ada sejak zaman purbakala hampir disetiap daerah di Indonesia mempunyai ragam hias batik dengan berbagai tema yang digubah menjadi motif ragam hias batik. 

Obyek yang paling banyak digunakan dalam pembuatan motif batik adalah tema - tema alam dan benda - benda alam sekitar yang tampak indah dan kemudian digubah menjadi motif dengan berbagai proses pembuatan motifnya. Contoh pembuatan batik dengan teknik di cap, printing dan menggambar langsung diatas kain batik.

Motif Batik Alas - Alasan 

Motif batik alas - alasan adalah motif batik tradisional yang telah ada sejak zaman dahulu kala. Motif batik alas - alasan bertema flora dan fauna tetapi lebih dominan pada ornamen hewan atau fauna.

Motif Alas - alasan terkesan ramai dengan berbagai bentuk stilasi gubahan yang bersumber dari alam benda bergaya bebas. Dalam penerapan motifnya masih terlihat jelas unsur - unsur alamnya seperti bentuk hewan ayam jantan dan betina, kupu dan kumbang, harimau dengan kuda yang masih terlihat jelas dalam motif alas - alasan.

Pembuatan motif alas - alasan didesain sedemikian rupa sehingga menimbulkan keindahan tersendiri bagi penikmat batik. Penempatan obyek seperti binatang lebih banyak digunakan yang ditata rapi secara vertikal maupun horisontal dengan mengkombinasikan dengan motif tumbuh - tumbuhan pada ruang kosong, sehingga tidak terkesan monoton.

Kesan yang ditimbulkan dari motif alas - alasan adalah penggambaran hutan dengan berbagai isinya. Desain motif serupa dapat dijumpai terdapat pada lukisan - lukisan primitif. Motif alas - alasan adalah sebuah simbol keberadaan alam yang baik dan buruk seperti penggambaran binatang perusak tanaman dan binatang bukan perusak tanaman.

Makna motif alas - alasan adalah simbol kehidupan manusia untuk menuju ketentraman dan kemakmuran seringkali mendapatkan halangan atau rintangan. Jenis  batik  ini sering  digunakan  oleh Raja  untuk  upacara-upacara agung, pengantin agung, dan tari Bedhaya yang merupakan tari yang berasal dari keraton.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel