Seni Ragam Hias Cianjur Batik Motif Beasan

Seni Ragam Hias Cianjur Batik Motif Beasan - Cianjur daerah kabupaten Jawa barat yang dikenal dengan keindahan alam, tempat wisata dan beras pandan wangi. Cianjur yang terletak di bumi Pasundan merupakan daerah yang menghasilkan kain batik daerah khas Cianjur.

Seni Ragam Hias Cianjur Batik Motif Beasan

Kain batik Cianjur dibuat dengan beranekaragam motif yang berciri khas kedaerahan. Batik telah dikenal oleh masyarakat Sunda sejak tahun 1920an silam dan hingga kini pembuatan batik tetap diproduksi sebagai wujud pelestarian budaya seni kerajinan daerah Cianjur.

Goresan motif batik Cianjur lebih banyak menuangkan potensi alam yang menginspirasi dalam pembuatan motif batik. Gambar motif batik Cianjur lebih menggambarkan hasil pertanian dengan desain warna kain menonjolkan warna tumbuhan yang tumbuh di sekitar Cianjur.

Batik Cianjur merupakan karya seni kerajinan yang dihasilkan dari para perajin batik setempat yang menggambarkan budaya setempat dan keadaan sekitar dalam desain warna seperti warna tanah, daun atau bulir padi.

Salah batik yang dibuat para perajin batik Cianjur yaitu motif batik beasan. Beasan berasal dari kata beas yang berarti beras dalam bahasa Indonesia atau buah padi yang diproses. Hal ini terkait dengan beras pandan wangi asal Cianjur yang terkenal dan berkualitas.

Ciri batik beasan secara visual berupa gambar motif batik yang terdiri dari benda alam sekitar seperti kumpulan akar pohon, batang pohon, daun, pucuk bunga dan buah padi. Ragam hias beasan juga digabung dengan unsur budaya, kesenian, lingkungan alam berupa : hamparan sawah, bukit, air, pohon, gunung dan awan. Arah motif batik beasan yaitu simetris, asimetris, vertikal dan horisontal.

Ragam motif batik Cianjur yaitu : 

- Motif Beasan
- Motif Kacapi Suling
- Maenpo
- Hayam Pelung
dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel