Seni Kerajinan Ragam Hias Ornamen Batik Cianjur Jawa Barat

Seni Kerajinan Ragam Hias Ornamen Batik Cianjur Jawa Barat - Cianjur adalah daerah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa barat yang terkenal dengan masakan kuliner paling enak dan tempat wisata yang menakjubkan. Keindahan alam Cianjur mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Seni Kerajinan Ragam Hias Ornamen Batik Cianjur Jawa Barat

Cianjur yang terletak di bumi Pasundan juga dikenal dengan filosofi yang erat dengan kehidupan yaitu Ngaos, mamaos dan Maen po. Adapun filosofi terkenal yang terdapat di daerah Bengkulu yaitu Sekundang Satungguan.

Ditinjau dari jenis kesenian yang berkembang di daerah, Cianjur memiliki jenis seni kerajinan batik yang khas dan telah dikenal oleh masyarakat Cianjur sejak tahun 1920. Daerah penghasil batik khas Cianjur pada masa itu adalah daerah Bojongherang dan Sindanglaka terkenal dengan kain poleng.

Selain kain poleng yang pada masa tersebut juga terdapat kain batik yang disebut kain kumeli. Hal ini didasarkan pada sejarah penelusuran terkait dengan kain batik pada masa itu. Bentuk kain kumeli dan apa kumeli tersebut juga tidak terdapat penjelasan sebab masyarakat yang mungkin paham dengan motif tersebut telah tiada.

Informasi bentuk dan ciri kain batik Cianjur susah untuk diperoleh secara jelas akan keberadaanya sebab batik pada masa itu merupakan sebutan bentuk pada permukaan kain dengan cara dibatik.

Pada perkembangan batik selanjutnya pembuatan karya seni batik di Cianjur merupakan sebuah upaya untuk dapat kembali berkembang dengan motif batik yang khas dan upaya masyarakat Cianjur dalam melestarikan budaya daerah setempat.

Keindahan alam Cianjur menginspirasi para seniman pembatik dalam membuat motif batik pada masa sekarang sebagai motif khas Cianjur dan wujud kepedulian masyarakat Cianjur terhadap pemandangan alam Cianjur yang indah dan subur.

Ragam motif batik Cianjur yaitu :

- Motif Beasan
- Motif Kacapi Suling
- Motif Maenpo
- Hayam Pelung
dan sebagainya.

Demikian  Seni Kerajinan Ragam Hias Ornamen Batik Cianjur Jawa Barat. Dapatkan ulasan lainya ragam jenis kesenian daerah yang berasal dari daerah Cianjur dan berbagai ulasan seni budaya tradisional dan modern yang berkembang di berbagai daerah di Indonesia juga ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel