Motif Lung Bimo Kurdo Ornamen Ragam Hias Batik Jepara

Motif Lung Bimo Kurdo Ornamen Ragam Hias Batik Jepara - Batik berupa hiasan - hiasan yang terdapat pada kain berupa motif - motif tertentu misalnya motif tumbuhan, motif binatang bahkan motif - motif abstrak atau gubahan dari bentuk alam yang sangat sulit untuk dikenali.

Motif Lung Bimo Kurdo Ornamen Ragam Hias Batik Jepara

Kain yang dihias dengan motif disebut dengan kain batik. Kain batik yang sering kita jumpai tidak lebih adalah karya budaya daerah yang terdapat nusantara berupa baju batik, hiasan batik dan sebagainya. Motif batik daerah tertentu memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dijumpai pada motif batik dari daerah lain.

Motif batik yang dibuat pada setiap daerah dibuat sebagian besar dari keadaan alam, sosial budaya setempat dan ekspresi daya imajinasi seorang perancang batik yang kian kini kian merebak batik dengan motif baru. Dari anekaragam batik yang berkembang salah satunya terdapat motif batik yang yaitu batik khas daerah Jepara motif Lung Bimo Kurdo.

Motif batik khas Jepara di buat oleh komunitas pembatik dengan corak khas daerah Jepara. Batik Jepara di bentuk dari motif - motif yang awalnya adalah motif ukir kayu sesuai dengan julukan Jepara yang dikenal dengan kota ukir memang Jepara terkenal dengan ukiran kayunya.

Ada makna dan manfaat pada proses membatik yaitu seperti yang dilakukan oleh komunitas pembatik di daerah Jepara membatik merupakan sesuatu hal yang bisa melatih dan mengontrol emosi sebab dalam proses membatik memerlukan ketelitian dan kesabaran.

Corak motif ukir Lung Bimo Kurdo adalah inspirasi dari motif ukir kayu khas Jepara. Motif Lung Bimo Kurdo diambil dari tokoh pewayangan Bima atau simbol karakter kokoh, agung dan wibawa yang di gambar dengan bentuk lung yang besar.

Perkembangan batik di Jepara peggabungan tenun ikat Troso mulai dari cara menenun benang sampai menjadi kain troso dan dibuatlah motif batik pada kain dengan motif ukir khas Jepara.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel