Ciri Batik, Warna dan Macam Motif Seni Ragam Hias Batik Jepara

Ciri Batik, Warna dan Macam Motif Seni Ragam Hias Batik Jepara -  Jepara adalah sebuah daerah Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Jepara dikenal daerah penggiat seni ukiran kayu yang indah serta bermakna dan telah dikenal diberbagai negara di dunia.

Ciri Batik, Warna dan Macam Motif Seni Ragam Hias Batik Jepara

Ukiran kayu Jepara sebagai identitas kesenian daerah Jepara. Selain kesenian ukir kayu yang terkenal Jepara seni batik yang lebih dikenal dengan batik Kartini karena ornamen batik yang dibuat sesuai dengan motif batik karya R.A. Kartini. Oleh para penggiat batik maupun masyarakat Jepara batik Kartini dilestarikan hingga sekarang sebagai wujud pelestarian budaya daerah Jepara.

R.A Kartini dikenal sebagai pahlawan perempuan Indonesia yang memperkenalkan batik hingga ke negeri Belanda. Hal itu terkait dengan Batik yang di kirim ke negeri Belanda oleh R.A.Kartini yang merupakan batik hasil dari ciptaanya sendiri. Batik Kartini pada umumnya di pakai oleh kaum bangsawan.

Jenis -jenis motif batik R.A. Kartini yang masih dikenali yaitu :

- Motif batik Srikaton
- Motif batik Srigunung
- Motif batik Parang Gondosuli
- Motif batik bunga kantil


Keindahan ornamen batik Kartini tidak terlepas dari keberadaan motif ukiran Jepara, motif - motif ukiran Jepara yang menginspirasi motif batik Kartini yaitu : Motif Parang Poro, Motif Lung - Lungan, Motif Sido Arum, Motif Kembang Setaman dan Motif Bimo Kurdo.

Warna batik Kartini memberikan ciri khas tersendiri sebagai karya seni daerah Jepara. Warna - warna yang digunakan dalam desain batik Jepara yaitu warna gajah coklat, lung hitam,ulir hijau dan beberapa warna lain.

Seiring dengan perkembangan batik nusantara batik Kartini di produksi oleh para pengrajin batik dari pekalongan dan pembatik di Jepara tidak lagi di jumpai. Jadi, batik yang beredar di Jepara adalah karya dari pembatik dari Pekalongan Jawa Tengah. 

Demikian ulasan karya seni batik  Ciri Batik, Warna dan Macam Motif Seni Ragam Hias Batik Jepara. Dapatkan ulasan seputar seni budaya daerah Jepara dan seni budaya daerah tradisional daerah lain yang terdapat di Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel