Macam Jenis Isen Isen Motif Batik

Macam Jenis Isen Isen Motif Batik  - Batik dibentuk dari beberapa motif batik yang terdiri dari unsur - unsur motif atau disebut ornamen.Ragam hias disebut juga ornamen, ornamen batik dibagi menjadi dua yaitu :

- Ornamen pokok atau ornamen utama
- Ornamen pelengkap atau pengisi pada bidang 

Macam Jenis Isen Isen Motif Batik

Bentuk ornamen pokok pada umumnya berbentuk stilasi dari benda - benda alam atau hewan yang melambangkan makna.

Sedangkan ornamen pengisi atau pelengkap digunakan dibuat untuk untuk mengisi bidang selain ornamen pokok yang menambah keindahan dan keunikan pada batik lebih tepatnya ornamen pelengkap ini berfungsi sebagai hiasan dan tidak mempunyai arti atau makna tertentu.

Motif - motif batik umumnya terdiri dari flora atau tumbuhan dan fauna atau hewan yang dikenal dengan flora dan fauna. Motif tumbuhan misalnya bunga, pohon, daun, sulur-suluran dan sebagainya. Contoh motif hewan berupa kupu - kupu, ikan, merak, burung, ayam dan sebagainya. Adapun motif - motif tersebut adalah isen motif batik.

Isen motif batik berupa berbagai macam bentuk contohnya garis - garis, titik - titik, gabungan titik dengan garis. Isen motif batik berfungsi untuk mengisi bidang antara ornamen.

Motif batik terdiri dari ornamen utama dan ornamen pengisi. Adapun beberapa macam isen motif batik yang hingga sekarang masih berkembang diantaranya motif isen batik :

- Cecek
- Cecek Pitu
- Sisik melik
- Cecek sawut
- Cecek sawu daun
- Sisik gringsing
- Galarn
- Rambutan
- Sirapan,
- Cacah gori dan sebagainya.


Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel