Makna Seni Ragam Hias Batik Motif Belimbing Depok Jawa Barat

Makna Seni Ragam Hias Batik Motif Belimbing Depok Jawa Barat - Depok merupakan sebuah daerah yang terletak di provinsi Jawa barat.Di daerah tersebut trdapat ragam jenis kesenian yang berkembang salah satunya adalah seni batik khas daerah Depok.

Makna Seni Ragam Hias Batik Motif Belimbing Depok Jawa Barat

Seni batik Depok dibuat dengan berbagai ragam macam motif yang terinspirasi dari benda alam yaitu tumbuhan. Salah satu batik yang terisnpirasi dari alam Depok yaitu Batik Depok motif Belimbing.

Belimbing merupakan nama buah yang menjadi salah satu  ikon kota Depok. Bentuk batik motif belimbing menggambarkan seperti bentuk buah belimbing asli yang digabungkan dengan berbagai pewarnaan.

Pewarnaan kuning pada buah belimbing menggambarkan warna dasar dari buah belimbing yang sudah matang dan ditambahkan bentuk arsiran yang memberikan keindahan pada motif batik Belimbing.

Pewarnaan pada motif belimbing melambangkan karakter lembut, ketenangan. kewibawaan dan keberanian. Warna - warna yang digunakan yaitu orange, biru, cream, kuning keemasan, merah marun dan biru tua.

Makna lain selain pewarnaan pada motif yaitu pada bentuk motif belimbing yang melambangkan amanat bagi seluruh masyarakat Depok agar melaksanakan tugas pengabdian secara adil dan benar.

Dengan motif belimbing diharapkan mampu memberikan semangat terhadap masyarakat kota Depok yang terdiri dari berbagai ragam budaya tetap menjadi satu dan tidak bercerai berai.

Demikian ulasan mengenai ornamen batik dan Makna Seni Ragam Hias Batik Motif Belimbing Depok Jawa Barat. Dapatkkan artikel menarik lainya seputar kesenian daerah Depok dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel