Makna Motif, Warna dan Keunikan Ragam Hias Batik Depok Jawa Barat

Makna Motif, Warna dan Keunikan Ragam Hias Batik Depok Jawa Barat - Batik merupakan warisan budaya nusantara yang telah tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan budaya nusantara. Depok adalah salah satu penghasil batik nusantara dengan corak motif batik berciri kedaerahan.

Makna Motif, Warna dan Keunikan Ragam Hias Batik Depok Jawa Barat

Motif batik Depok berawal pada tahun 2007 sebagai wujud pelestarian budaya dengan mengadakan perlombaan pembuatan motif batik yang menjadi motif khas batik Depok Jawa barat.

Dari perlombaan perancangan motif batik yang diadakan oleh pemerintah setempat akhirnya menghasilkan ratusan motif batik. Ratusan motif batik yang dihasilkan hanya beberapa motif saja yang dipilih oleh panitia dan dianggap mencerminkan budaya kota Depok.

Ornamen batik pilihan panitia penyelenggara menjadi motif batik khas kota Depok kemudian didaftarkan untuk mendapatkan hak paten pemerintah daerah kota Depok. Makna, keindahan dan keunikan yang terkandung pada setiap motif batik berbeda - beda sesuai dengan bentuk dan ciri khas yang tampak pada motif batik.

Motif batik kota Depok pada umumnya mengangkat berbagai macam budaya daerah, simbol dan ikon kota Depok, contohnya  motif batik Ikan hias yang sangat akrab dengan kehidupan masyarakat kota Depok.

Contoh lain motif batik Depok adalah motif batik belimbing yang terinspirasi dari buah belimbing. Belimbing merupakan buah khas kota Depok. Selain dari kedua motif tersebut terdapat pula motif batik Depok yang menggunakan simbol yang dipakai kota Depok.

Simbol - simbol atau lambang kota Depok diantaranya :

- Paricara Dharma
- Motif Batik Gong SI Bolong
- Motif Batik Topeng Cisalak
- Motif Batik Tanaman Hias
- Motif Batik Ikan Hias, dan motif batik daerah Depok lainnya.

Ditinjau dari segi pewarnaan motif batik Depok menggunakan background warna khas batik kota Depok. Warna - warna yang digunakan antara lain :

- Kuning emas
- Merah Marun
- Oranye
- Biru dan biru tua

Adapun makna dari warna - warna pada motif batik Depok tersebut yaitu melambangkan sifat wibawa, teduh, tenang dan keberanian.

Demikian ulasan mengenai seputar Makna Motif, Warna dan Keunikan Ragam Hias Batik Depok Jawa Barat. Dapatkan artikel menarik seputar kesenian daerah Depok dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel