Keunikan Lambang Warna Ragam Hias Batik Jombang Merah dan Hijau Batik Jawa Timuran

Keunikan Lambang Warna Ragam Hias Batik Jombang Merah dan Hijau Batik Jawa Timuran - Jombang merupakan daerah yang terletak di daerah Jawa Timur atau pulau Jawa bagian timur. Di daerah tersebut terdapat jenis kesenian daerah yang menjadi ciri khas daerah Jombang salah satunya adalah seni tradisional yaitu Besutan yang merupakan cikal bakal kesenian tradisional ludruk Jawa Timur.

Keunikan Lambang Warna Ragam Hias Batik Jombang Merah dan Hijau Batik Jawa Timuran

Kesenian lain yang terdapat didaerah Jombang adalah seni kerajinan batik Jombang yang memiliki ciri khas tersendiri pada corak batik yang tampak baik dari segi warna motif yang tergambar pada kain batik. Batik Jombang juga dikenal dengan batik Jawa timuran

Keunikan Lambang Warna Ragam Hias Batik Jombang Merah dan Hijau Batik Jawa Timuran

Keunikan batik Jombang merupakan sebuah ekspresi dari budaya Jombang yang sebagian besar masyarakatnya santri (agamis) yang digambarkan pada selembar kain batik yang terdiri dua warna yaitu hijau dan merah.

Kata Jombang adalah akronim dari bahasa Jawa yaitu ijo yang dalam bahasa Indonesia artinya hijau dan abang dalam bahasa Indonesia artinya merah. Kedua warna tersebut merupakan warna dasar daerah Jombang dan menjadi sumber ide dalam pewarnaan yang menjadi ciri khas batik Jombang.

Kedua warna antara hijau dan merah merupakan sebuah simbol kaum masyarakat Jombang. Warna hijau mewakili kaum santri sedangkan warna merah mewakili kaum abangan, sehingga karya seni ornamen batik daerah Jombang Jawa Timur merupakan sebuah kepedulian terhadap budaya setempat yang teraplikasikan dalam sehelai kain batik.

Demikian ulasan Keunikan Lambang Warna Ragam Hias Batik Jombang Merah dan Hijau Batik Jawa Timuran. Dapakan artikel menari lainya seputar kesenian daerah Jombang di situs Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel