Makna Ragam Hias Batik Jambi Motif Burung Kuao Berhias

Makna Ragam Hias Batik Jambi Motif Burung Kuao Berhias - Batik Jambi adalah batik yang berasal dari Jambi dan merupakan salah satu jenis kesenian yang telah diakui sebagai warisan budaya Indonesia. Motif batik Jambi terdiri dari berbagai macam ragam corak dan motif batik yang bernilai indah.

Motif batik Jambi dibuat oleh perancang batik daerah setempat yang menggambarkan benda - benda alam baik makhluk hidup atau benda mati seperti tumbuhan, satwa, budaya dan lain sebagainya.

Makna Ragam Hias Batik Jambi Motif Burung Kuao Berhias

Sebagian besar motif batik Jambi menggambarkan bentuk alam yaitu motif  tumbuhan. Selain bentuk bagian - bagian tumbuhan terdapat juga motif batik yang terinspirasi dari satwa.

Motif batik Jambi bermotif satwa salah satunya adalah motif batik Kuao berhias. Kuao adalah nama burung yang menginspirasi pembuatan motif batik Jambi disusun sedemikian rupa secara pengulangan pada sehelai kain batik. 

Motif batik kuao berhias digambarkan berupa ornamen seekor burung Kuao yang bercermin atau berhias sehingga terdapat hiasan berupa kembangan kepak dan bagian tubuh burung lainya pada motif burung Kuao berhias ini.

Dalam kehidupan motif batik Kuao berhias dimaknai dengan bercermin maka akan diketahui kekurangan dan kelebihan bagian - bagian tubuh serta kekurangan yang bersifat batiniah.

Sedangkan pada manusia dengan mengenal diri sendiri akan diharapkan mampu untuk menyempurnakan bagian yang kurang pantas termasuk dalam interaksi sosial dalam masyarakat sekitar.

Demikian ulasan keunikan seputar Makna Ragam Hias Batik Jambi Motif Burung Kuao Berhias. Dapatkan juga ulasan artikel menarik seputar kesenian daerah Jambi dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel