Ragam Hias Batik Indramayu Motif Burung Cendrawasih

Ragam Hias Batik Indramayu Motif Burung Cendrawasih - Pada selembar kain batik terdapat berbagai motif batik yang bernekaragam makna yang terkandung didalamnya. Salah satunya adalah batik motif burung Cendrawasih atau motif Cendrawasih yang berasal dari Indramayu Jawa Barat.

Cendrawasih adalah nama burung yang terkenal dengan keindahanya berasal dari Papua yang diaplikasikan dalam sebuah motif batik yaitu motif batik Indramayu. Keindahan alam nusantara sering dijumpai dalam bentuk sebuah karya seni baik dalam bentuk karya seni tiga dimensi maupun dua dimensi.

Ragam Hias Batik Indramayu Motif Burung Cendrawasih

Batik merupakan sebuah karya dua dimensi yang dalam pembuatan motifnya dengan menuangkan sebuah gambar pada permukaan kain. Gambar - gambar yang digambar pada sebuah permukaan kain sebagian besar terinspirasi keindahan alam sekitar contohnya tumbuhan, hewan dan banyak lagi.

Seperti yang telah diungkapkan batik Indramayu motif Cendrawasih merupakan karya pembatik di Indramayu yang menurut perkiraan burung Cendrawasih pernah ada di Indramayu pada zaman dahulu.

Ragam hias batik Cendrawasih dibuat berupa serangkaian gambar pada selembar kain batik yang menggambarkan burung Cedrawasih dan tumbuhan yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menimbulkan motif batik yang memiliki nilai keindahan.

Keberadaan batik di Indramayu telah ada sejak zaman kerajaan Demak sekitar tahun 1527. Secara visual motif batik Indramayu tidak terlepas dari batik yang berasal dari daerah pesisir yang utara bagian wilayah Jawa Tengah.

Perkembangan motif batik Indramayu kini terdapat berbagai macam motif batik. Ragam motif batik yang dibuat adalah pengembangan dari pengaruh bangsa budaya Cina dalam pembuatan motif batik yang pada awalnya motif batik Indramayu memiliki kemiripan dengan motif batik Lasem.

Demikian ulasan tentang kesenian motif batik Ragam Hias Batik Indramayu Motif Burung Cendrawasih. Dapatkan ulasan seputar kesenian daerah yang berasal dari Indramayu dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel