Keunikan Ragam Hias Batik Jawatimuran Batik Madiun Motif Pecelan

Keunikan Ragam Hias Batik Jawatimuran Batik Madiun Motif Pecelan - Seiring dengan perkembangan industri batik nusantara kini banyak dijumpai berbagai kain batik yang unik dan menarik.

Keindahan ornamen batik daerah semakin bertambah banyak jumlahnya dengan berbagai ragam motif. Adapun batik yang menarik dan unik seputar motif batik Jawa timur atau yang dikenal akrab dengan batik Jawatimuran yaitu batik daerah Madiun.

Keunikan Ragam Hias Batik Jawatimuran Batik Madiun Motif Pecelan

Madiun adalah daerah kabupaten dan merupakan kota provinsi Jawa timur. Beberapa julukan untuk menyebut Madiun diantaranya "Kota Gadis", "Kota Brem", "Kota Pecel", "Kota Budaya", "Kota Industri", "Kota Karismatik", dan "Kota Pendekar".

Selain kesenian tradisional Pencak, Solah Madiunan dan, tarian penthul temben terdapat jenis kesenian yang terkenal yaitu batik Madiun atau batik Jawa timuran. Salah satu Batik Madiun adalah batik Pecelan ide sumbernya berasal dari kuliner khas daerah Madiun.

Nasi pecel merupakan makanan khas daerah Madiun yang diaplikasikan kedalam kain batik dengan beberapa bahan makanan nasi pecel yang dibuat menjadi sebuah ornamen. Pengembang motif batik pecelan yaitu Sri Murniati.

Motif batik Pecelan berupa motif daun pepaya, dan ketela atau singkong, cabai kembang turi, dan butiran nasi yang semau itu bahan makanan nasi pecel makanan khas dari Madiun Jawa timur.

Demikian ulasan Keunikan Ragam Hias Batik Jawatimuran Batik Madiun Motif Pecelan, semoga dapat menambah pengetahuan tentang seni motif batik Jawa timuran sebagai bagian dari warisan budaya yang tetap dijaga kelestarianya. 

Dapatkan ulasan menarik seputar seni yang terdapat di daerah Madiun di situs Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel