Pengertian Motif Batik Makna Motif Batik dan Pengelompokan Batik Indonesia

Pengertian Motif Batik Makna Motif Batik dan Pengelompokan Batik Indonesia   - Motif batik sering kita jumpai dalam seni kerajinan seni kriya. Motif batik digunakan untuk hiasan baju dan hiasan - hiasan lain yang memberikan kesan indah seperti untuk taplak meja, bantal, kursi dan benda - benda terapan lainya.

Karya batik adalah karya seni rupa terapan dua dimensi yang hingga kini mengalami perkembangan melalui ide - ide kreatif seniman atau pengrajin batik. Menurut Wikipedia Motif Batik adalah kerangka gambar yang mewujudkan batik secara keseluruhan. 

Pengertian Motif Batik Makna Motif Batik dan Pengelompokan Batik Indonesia

Adapun sumber lain yang mengungkapkan Motif batik adalah satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan yang diwujudkan melalui kerangka gambar pada batik dengan perpaduan garis, bentuk dan isen. Motif batik juga disebut juga corak batik dan pola batik. Baca Cara menggambar ragam hias.

Bidang - bidang untuk membuat motif batik juga bermacam - macam bentuk ada yang berbentuk segi tiga, segi empat dan bentuk bidang lingkaran. Motif - motif batik yang sering digunakan juga beranekaragam ada yang mengambil unsur lama seperti motif hewan, motif manusia, motif geometris dan lain - lain.

Pada zaman dahulu motif batik digunakan sebagai penanda status sosial seseorang, hal tersebut dapat kita jumpai disetiap daerah di Indonesia. Selain digunakan untuk penanda status sosial motif batik juga menjadi ciri khas produk keluarga tertentu. Aktivitas membatik adalah sebuah tradisi yang diwariskan secara turun - temurun.

Batik adalah karya bangsa Indonesia yang diciptakan oleh para leluhur bangsa Indonesia. Perkembangan batik di Indonesia ditinjau dari segi desain atau motif maupun prosesnya mampu mencapai pada suatu tingkatan tertentu yang tidak ada bandinganya yang dalam karyanya hasil dari perpaduan antara seni dan teknologi.

Makna motif batik dengan berbagai ragam coraknya akan terus digali dari berbagai ragam adat istiadat  atau budaya yang berkembang di Indonesia. Motif batik Indonesia terkait dengan budaya setempat terutama letak geografis sebagai faktor lahirnya motif - motif batik yang penuh makna dan filosofis.

Batik hasil karya para leluhur bangsa Indonesia melahirkan ribuan motif yang dikelompokan menjadi 7 kelompok:
  • Motif Batik Parang karya seni yang telah dikenal sejak zaman mataram Kartasura. Makna flosofis batik parang agar tidak pernah berhenti untuk bergerak sebagaimana ombak dilaut. Motif batik parang juga bermakna jalinan yang tidak pernah putus untuk perbaikan diri, memperjuangkan kesejahteraan dan bentuk pertalian keluarga. Pada zaman dahulu batik parang sebagai hadiah kepada anak - anaknya. Contoh Motif Batik ParangParang Klitik, Parang Rusak,  Parang Klitik, Parang Kusumo Parang Slobog dan Parang Curigo.
  • Motif Batik Geometri juga dikenal dengan motif geometris yang terdiri dari susunan geometris pada ornamen - ornamenya. Ciri - ciri ragam hias geometris pembagian pada motif barik menjadi beberapa bagian yang disebut satu "raport". Contoh Motif batik geometris : Gambir seketi, Limaran, Sriwedari, Tirta Reja, Pilin, Meander, Kawung, Tumpal, ceplokan dan sebagainya.
  • Motif Batik Banji bermakna keteraturan dalam kehidupan atau kunci perhiasan yang terkunci rapat. Motif batik Banji termasuk motif tertua dari dari ribuan motif batik yang terdapat disetiap daerah. Ditinjau dari nama asalnya motif batik "Banji" konon berasal dari bahasa Tionghoa "Ban" yang berarti sepuluh dan "Dzi' berarti ribu yang melambangkan murah rezeki berlipat ganda. Motif batik Banji diperkirakan pengaruh budaya Tionghoa. Contoh motif Batik Banji : Banji Bengkok, Bani Guling, Banji Kerton dan Banji Kacip. 
  • Motif Batik Tumbuh - tumbuhan Menjalar bermakna kesinambungan manusia dengan alam yang harmonis. Contoh motif batik Tumbuhan menjalar : anggur, cangklet, Cokrak-cakrik, Luwung Klewer, Semen Yogya dan sebagainya.
  • Motif Batik Tumbuhan - tumbuhan air merupakan penggambaran peran tumbuhan air dalam kehidupan manusia. Contoh motif batik tumbuhan air : Ganggong, Ganggong Sari.
  • Motif Batik Bunga menggambarkan keindahan, kecantikan dan kebahagiaan. Motif daun bermakna sebagai wahyu Tuhan untuk mencapai cita - cita misalnya kehidupan yang baik rezeki melimpah, kenaikan pangkat dan sebagainya. Contoh motif batik Bunga :  Kembang Kenikir, Truntum, motif batik bunga mawar, motif batik bunga melati, motif batik bunga anggrek dan sebagainya.
  • Motif Batik Satwa Dalam Kehidupanya Dalam karya seni batik motif satwa dikenal dengan ragam hias fauna dengan perubahan bentuk atau gaya. Makna figur binatang dalam karya motif batik misalnya figur burung yang bermakna suatu kebebasan, figur gajah bermakna kekuatan. Hewan yang umumnya digunakan untuk objek ragam hias misalnya : burung, gajah, kupu - kupu, kadal, ikan, singa, ular dan sebagainya. Contoh Motif batik satwa dalam kehidupanya : Motif batik gringsing, sido mukti dan sebagainya.
Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel