Makna Ragam Hias Batik Jambi Motif Tampuk Manggis

Makna Ragam Hias Batik Jambi Motif Tampuk Manggis - Batik Jambi adalah karya seni batik yang dihasilkan dari goresan tangan terampil perajin batik. Ornamen batik Jambi memiliki berbagai ciri khas tersendiri yang tidak ditemui pada karya batik di daerah lainya. Begitu juga keunikan motif batik yang mencerminkan budaya Jambi.

Ornamen batik Jambi terdapat ciri khusus yaitu terdapat bidang - bidang kain yang kosong sehingga dalam budaya batik Jambi diberikan isi berupa titik - titik halus. Hal itu sudah menjadi ciri tersendiri batik daerah pesisir di pulau tengah Sumatera ini.
Makna Ragam Hias Batik Jambi Motif Tumpuk Manggis
Sedangkan bentuk ornamen batik Jambi lebih banyak menggambarkan keindahan bagian - bagian bentuk tumbuhan seperti ornamen daun, bunga, dan sebagainya. Keindahan bentuk - bentuk tumbuhan kemudian di tuangkan ke dalam kain batik yang berbentuk motif.

Indahnya motif batik Jambi mampu memberikan apresiasi tersendiri dan menambah kekayaan batik nusantara. Dalam beberapa motif batik di daerah Jambi terdapat motif yang terinspirasi dari buah - buahan yang digambar sedemikian rupa pada kain sehingga menghasilkan sebuah motif yang indah dan bernilai seni.

Salah satu motif batik Jambi yang memanfaatkan potensi buah - buahan yaitu motif batik Tampuk Manggis yang dibuat oleh para seniman perajin batik menjadi sebuah motif batik daerah, selain buah manggis yang enak dan lezat di konsumsi sebagai makanan.

Motif batik Tampuk Manggis berupa gambar buah manggis yang terbelah pada bagian tengahnya sehingga tampak kulit bagian luar, daing kulit dan isi buah secara keseluruhan.

Makna yang terkandung pada motif Tampuk Manggis yaitu kebaikan dalam hal budi pekerti, kehalusan akhlak, kebaikan bahwa  yang tidak dapat dilihat dari kulit luarnya saja.

Demikian ulasan artikel keunikan makna Ragam Hias Batik Jambi Motif Tampuk Manggis, Dapatkan ulasan menarik lainya tentang kesenian yang berasal dari Jambi dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel