Belajar Membuat Lukisan Dengan Ide Sendiri

Belajar Membuat Lukisan Dengan Ide Sendiri - Kegiatan melukis melebihi dengan kegiatan seni rupa lainya, kegiatan melukis adalah kegiatan yang paling populer atau paling dikenal dalam seni rupa. Dan pada umumnya sering kali orang akan merasa tidak mampu atau mungkin tidak memiliki bakat untuk membuat lukisan.

Dalam berkarya seni terutama karya seni lukis dan utamanya dalam cara menggambar sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja sepanjang orang tersebut mau untuk melakukan dan memiliki kemauan. Dorongan hati atau kemauan menjadi dorongan hati serta menjadi kunci terbesar dalam dunia seni rupa.

Lukisan Affandi dengan teknik pelototan

Belajar membuat lukisan dengan ide sendiri

Kaidah - kaidah seni rupa telah banyak dipelajari seperti tema, gaya, komposisi, teknik dan bahan dalam pembuatan karya seni rupa, sehingga dengan ini dapat untuk melakukan praktik dalam melukis. Adapun latihan yang dapat dikerjakan adalah sebagai berikut :

Mengenal bahan dan teknik 

Bahan dan teknik sebenarnya tidak dapat dipisahkan dalam latihan pengenalan. Dengan disertai teknik suatu bahan akan menjadi berarti. Sedangkan untuk mengenal karakter dari bahan dapat dilakukan percobaan seperti menyediakan kertas gambar dengan ukuran 30 cm x 40 cm.

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat gambar bujur sangkar yang terdapat diatas kertas, dan dari masing- masing gambar dapat diisi seperti bentuk- bentuk kuas, arsiran, gosokan berbagai bahan, goresan, dan seperti pastel, krayon, konte, cat air dan cat minyak, cata plakat dan sebagainya.

Membuat Sketsa

Dalam pembuatan sketsa ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat seperti pensil yang merupakan gambar rencana, misalnya dapat kita ambil sebagai contoh sketsa baju. Cara pembuatan sketsa dalam membuat lukisan bagi seniman yang sudah ahli digunakan untuk menyimpan memori sebagai gambar rencana. Dengan melalui bahan lain sketsa ini juga dapat dibuat seperti dengan menggunakan pastel, cat minyak dan sebagainya.

Menyelesaikan Lukisan

Untuk menyelesaikan lukisan ini dapat dilakukan dengan teknik pribadi atau menggunakan teknik sendiri. Karakter seseorang akan dapat terbentuk melalui teknik sehingga perlu diperhatikan. Karakter seseorang akan akan menjadi berbeda dengan yang lain. Dalam hal ini mengingatkan ketika Affandi memiliki teknik pencetan pelototan yang menjadikan dia sebagai maestro seni lukis Indonesia. 

Demikian Belajar membuat lukisan dengan ide sendiri semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel