Belajar Berkarya Seni Rupa Nusantara

Belajar Berkarya Seni Rupa Nusantara - Bagaimana Belajar membuat karya seni rupa Nusantara? Untuk berkarya seni rupa memiliki keragaman bahan yang digunakan sehingga muncul berbagai teknik dalam karya seni rupa Nusantara. Beberapa teknik yang dapat digunakan dalam berkarya seni rupa Nusantara antara lain  :

Contoh ragam karya seni rupa terapan Nusantara 

Teknik Ukir merupakan teknik karya seni rupa dengan cara mengurangi serta membentuk bahan yang diukir dengan menggunakan alat ukir yang disebut dengan tatah ukir. Seperti bahan tulang, atau tembaga, kayu dan batu merupakan bahan yang digunakan untuk membuat karya seni rupa Nusantara.

Selain dengan menggunakan teknik ukir juga terdapat teknik pahat dengan menggunakan alat yang berupa pahat yang dapat digunakan pada bahan seperti pada teknik ukir. Pahat ini berupa sebuah bilah besi yang tajam pada ujungnya yang digunakan untuk melubangi dan mengukir batu atau kayu.

Belajar berkarya seni rupa Nusantara

Teknik Lukis merupakan sebuah teknik berkarya seni rupa dengan cara melukis atau cara membuat gambar dengan menggunakan alat pensil, kuas, pulpen dan sebagainya. Hasil dari gambar dalam belajar seni lukis ini ada yang di warnai dan ada yang tidak.

Teknik Tenun dengan cara menganyam dalam membuat kain tenun yang merupakan suatu teknik dalam teknik tenun. Ada kemiripan antara teknik tenun dengan teknik menganyam dan perbedaanya terdapat pada alat yang digunakan. Lungsi dan pakan merupakan merupakan teknik tenun, dan hanya menggunakan tangan dalam teknik anyam. Sesuai dengan motif yang dihias dalam teknik penganyaman yang berupa benang yang dianyam.

Teknik Membentuk dengan menggunakan media tanah liat dan dibentuk sesuai dengan seperti bentuk yang diinginkan. Pembentukan dapat menggunakan alat yang berupa meja putaran keramik atau subang pelarik atau dengan menggunakan tangan tanpa alat.

Teknik Cor dalam pembuatanya dengan menggunakan teknik cetakan atau di cor, dan bahan sebelumnya dibuat adonan yang kemudian dicor dan dituang kedalam cetakan. 

Teknik Anyam merupakan teknik seni rupa yang cara membuatnya dengan menganyam yang hanya dengan mengandalkan ketrampilan tangan dengan bahan yang digunakan pada umumnya seperti mendong, rotan, pandan, bambu dan sebagainya.

Teknik batik dengan memberi hiasan atau motif dalam teknik pembuatanya, motif tersebut yang terdapat pada kain dengan cara memberi gambar pada kain dengan menggunakan malam atau lilin panas dan pemberian motif gambar dengan menggunakan canting dan diberi warna dengan memberikan zat pewarna khusus.

Demikian Belajar berkarya seni rupa Nusantara semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel