Seni Rupa Murni (Seni Lukis) di Indonesia

Seni rupa Murni (Seni Lukis) di Indonesia - Seni rupa merupakan cabang seni dengan media yang tampak dilihat oleh mata dan dapat diraba. Kesan yang muncul merupakan pengolahan berbagai unsur rupa diantaranya : Warna, tekstur, volume, bentik, bidang, garis dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Karya seni rupa murni yang diciptakan tersebut berfungsi sebagai kepentingan seperti kebutuhan emosi, rohani dan estetika atau keindahan. Apa saja bidang seni rupa murni? Berikut ini macamnya:

Seni rupa Murni (Seni Lukis) di Indonesia
Raden Saleh Bustaman
    Seni Lukis
    Kapan seni lukis modern Indonesia dimulai? sejak kaum penjajah Belanda di Indonesia. Penjajah ketika itu mengembangkan seni rupa Eropa Barat cenderung beraliran romantisme dan banyak seniman pelukis dengan aliran romantisme di Indonesia.

    Tema lukisan seni rupa Indonesia banyak dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan politik ketika itu. Seniman Indonesia melalui karyanya banyak dipengaruhi pergolakan sejarah Bangsa Indonesia.

    Tema tema seni rupa masa Perintisan 

    Seni rupa Murni (Seni Lukis) di Indonesia
    Lukisan Kapa VOC
    Raden Saleh Busataman merupakan seniman pertama yang telah mengenal seni lukis dengan menggunakan teknik barat. Seni Lukis pada waktu itu berfungsi sebagai alat dokumentasi dan alat foto, sehingga tema lukisanya sebagian besar ilustrasi kegiatan serta gambar penelitian.

    Tema mas Indonesia Jelita

    Seni rupa Murni (Seni Lukis) di Indonesia
    Lukisan Gatutkaca Melawan Antasena
    Tema Lukisan yang dibentuk indah tanpa cacat seperti lukisan kaum bangsawan, wanita dan pemandangan. Kritikpun muncukl karema tema tersebut tidak memiliki rasa nasionalisme. Tokoh Pelukis Masa Indonesia Jelita antara lain: Basuki abdullah, Trijoto Abdullah, Pirngadi (!875-1936), Henk Ngantung, Lee Man Fong, Ui Tiang Bun, Biauw Tik Wi, Suyono, Wakidi dan Suharyo.

    Tema - tema Masa Perjuangan

    Seni rupa Murni (Seni Lukis) di Indonesia
    Lukisan Rakyat jajahan sedang mengungsi
    Tema perjuangan adalah dilatarbelakangi semangat nasionalisme. Tema yang muncul antara lain: Kehidupan masyarakat yang menderita dan tentang kemerdekaan. Tokoh seniman yang menonjol dengan tema masa perjuangan antara lain : S. sudjojono, Affandai, Agus Jayasumnita, Otto Jaya.

    Tema masa Setelah merdeka
    Tema lukisan pada masa ini setelah kemerdekaan berkembang pesat dan tidak hanya perjuangan kemerdekaan akan tetapi tema tema seperti : Hak asasi manusia, Kemanusiaan dan tema sosial.

    Seniman baru juga telah banyak berkembang pesat dengan ide - ide yang baru, sehingga kekayaan ide dan tema lukisan semakin beraneka ragam.

    Tema masa Baru
    Seni rupa Murni (Seni Lukis) di Indonesia
    Contoh Lukisan Indonesia Baru
    Tema lukisan pada masa ini bertemakan seperti kemiskinan kota, tema sosial dan banyak bermunculan tema - tema abstrak. Tokoh seniman seni rupa masa Indonesia baru antara lain : Jim Supangkat dan Dede Erisupria.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel