Musik Asia Selatan ( India )

Musik Asia Selatan ( India ) - Terdapat dua tradisi musik di India yang terdiri dari musik Hindustan yang berkembang didaerah utara sedangkan untuk musik Karnatik berkembang di daerah selatan. Sejak abad ke - 13 terjadi perpecahan tradisi musik walaupun memiliki akar yang sama.

Pertunjukan musik klasik India juga dikenal sebagai musik Hindustan yang digunakan untuk keperluan keseharian, religi dan pertunjukan teatrikal. Musik tersebut banyak dipengaruhi oleh musik Timur Tengah (Persia) yang berkembang mulai bad ke - 13 dan ke - 14, di dalam (teks suci  sama) Veda dan dinyanyikan samagana (lagu suci) musik ini didasarkan pada hymne.

Musik Asia  Selatan ( India )

Di India, pakistan dan Bangladesh musik Hindustan mulai menyebar. Sedangkan pada abad ke- 15 dan 16 musik karnatik mulai berkembang dengan tampilan musik melodis serta memiliki improvisasi dan lebih ditonjolkan pada vokal.

Penyajian musik ini dengan komposisi dengan gaya menyanyi (gayaki) walaupun di iringi dengan alat musik. Selain itu, musik ini juga terdiri dari dua unsur antara lain raga yang merupakan modus tangga nada serta tala sebagai siklus ritmis. Berikut ini jenis- jenis musik tradisional India antara lain :
  • Bentuk puisi ekspresionis dan musik ringan atau disebut bavageete (Puisi perasaan).
  • Bhangra Musik rakyat yang dibentuk berdasarkan tarian yang berasal dari daerah Punjab, Musik ini terkenal di Amerika utara dan Inggris.
  • Lavani dinyanyikan oleh penyanyi wanita akan tetapi penyanyi pria boleh menyanyikan dan merupakan bentuk musik dari Maharatra. Sedangkan bentuk tari dengan iringan musik ini disebut Tamasha.
  • Dandiya termasuk musik terkenal dan merupakan bentuk musik rakyat berdasarkan dandiya.
Pesatnya film India kini musik modern India banyak digandrungi di berbagai belahan dunia karena dalam setiap fil selalu terdapat lagu yang menjadi ciri khas. Selain itu, India juga merupakan negara dengan produsen fil terbesar di dunia sekitar 1000 film serta 27 bahasa resmi India. Sedangkan kota film India antara lain : Noida film city, Kalkuta, Mumbai dan New Dehli.

Jenis alat musik tradisional India dapat dibagi menjadi atas beberapa jenis diantaranya :
  • Alat musik tiup seperti akordion, nadaswaram, ottu, bansuri, bombashi, sejenis akordion, shennai dan surpeti.
  • Alat musik petik magadi vina, bulbul tarang, dotora, ektar, getchu vadyam (Gettuvadayam), vina, nakula, rabab (kabuli rabab), saraswati vina, tanpura, santur, sitar, dan sarod.
  • Alat musik gesek seperti sarangi, saringda, tar shehnai, chikara, dilruba, kamancha, mayuri vina dan ravanhasta.
  • Alat musik perkusi seperti tabla, tinbak/ tumbak, dhol, tabla, chimpta, ghatam, kartal, jal tarang dan manjira.
Pada Abad ke - 18 sampai awal abad ke - 20 dikenal bauls dan bengal yang merupakan kelompok musisi mistik dengan menggunakan alat musik seperti dotara, ektara dan khamak. Baul berasal dari bahasa sansekerta batul berarti dan memberi arti spiritual atau kegilaan melalui inspirasinya.

Demikian Musik Asia Selatan ( India ) ( India ) semoga dapat bisa menjadi rujukan buat para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel