Musik Asia Tenggara Vietnam

Musik Asia Tenggara Vietnam - Berdasarkan perkembangan musik tradisional, musik tradisional Vietnam banyak juga di pengaruhi oleh musik dengan seiring dengan perkembangan pada masyarakatnya seperti musik Cina, Jepang dan juga Thailand dan India.

Perkembangan tentang alat musik yang identik dengan sistem tangga nada digunakan dalam suatu intstrumen, pada musik Vietnam ini contohnya dengan sistem tangga nada 5 nada dipengaruhi oleh musik Cina dari berdasarkan perkembangan musik secara luas.

Musik Asia Tenggara Vietnam

Sedangkan untuk gaya India juga membawa pengaruh pada tarian serta instrumen perkusi seperti Cham rice yang cara memainkanya dengan dipukul hal merupakan sebagai ciri khas dari permainan musik India seperti Alat musiknya menggunakan table, tambora, sitar dan serangi serta irama dinamis dan menimbulkan rasa untuk berjoged.Pengaruh ini khususnya yang terdapat pada daerah Champa bagian dari Vietnam.

Adapun terdapat beberapa jenis musik yang terkenal antara lain seperti Nha Nhac yang merupakan musik kerajaan yang telah di kenal di Vietnam pada abad ke 15, Quan ho berupa pertunjukan nyanyian alternatif dan Cai bien dan Nhac merupakan sebuah lagu rakyat modern.

Selain itu, juga terdapat  musik populer yang dimainkan oleh sekelompok pemusik wanita dan A dao merupakan penyanyi utama musik tersebut biasa disebut dengan Ca tru. Ca dao berupa nyanyian tanpa iringan musik.

Berikut ini alat - alat tradisional vietnam yang antara lain :
  • Dan gao berupa instrumen biola dua senar dengan badan terbuat dari bahan kelapa.
  • Dan bau merupakan sitar monokord.
  • Dan nhi merupakan biola terdiri dari dua senar dengan badan terbuat dari bahan kayu.
  • Dan nguyet merupakan gitar yang terdiri dari dua senar dengan fret.
  • Dan tam thap luc berupa dulcimer pukul.
  • Dan sen berupa gitar dua senar dengan fret.
  • Dan ty ba berupa instrumen gitar berbentuk pir dengan empat senar.
  • Ken bau berupa instrumen oboe.
  • T'rung berupa instrumen kolintang.
Sejak era kolonialisme musik modern Vietnam dipengaruhi oleh musik Barat sebagai pengaruh utama setelah tahun 1954, sedangkan musik dengan genre rock dan pop telah banyak berkembang di Vietnam bagian selatan. Pengaruh tersebut mulai dari sejak reunifikasi Vietnam utara dan Vietnam selatan pada tahun 1976.

Demikian Musik Asia Tenggara Vietnam semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel