Musik Asia Timur Cina Daratan

Musik Asia Timur Cina Daratan - Dengan latar belakang sosiokultural dan daerah lingusitik dan grup etnis dimana musik Cina ini diciptakan oleh orang Cina atau di berbagai belahan benua. Musik Cina memiliki dua tradisi yaitu tradisi kuno dan modern.

Pada tahun 1999 telah ditemukan alat musik yang disebut dengan flute jiahu yang terbuat dari tulang yang lebih tepatnya penemuan tersebut di daratan Cina. Alat musik Cina tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 7000 SM dan merupakan salah satu dari sekian banyak alat musik tertua didunia. Baca Musik Cina.

Cina telah membuktikan akan kekayaan budaya musikal yang tumbuh dan berkembang dengan berbagai alat musik yang telah ditemukan seperti koleksi bel, alat musik angin, drum serta alat musik dawai yang terbuat dari perunggu di makam Marquis Yi dari Zeng pada abad 5 Sebelum Masehi (SM).

Musik Asia timur Cina Daratan

Seiring dengan berkembangnya komposisi modern kini musik tradisional Cina menyesuaikan dengan komposisi modern. Sedangkan musik kontemporer populer Cina adalah merupakan perpaduan antara musik tradisional Cina dengan budaya populer Amerika. Selain itu, masih terdapat permainan yang mencerminkan musik tradisional Cina sebagai contoh musik tradisional pada bagian perkusi dalam tarian barongsai.

Jenis Musik Perkusi Cina, yaitu: 

- Paigu (Gendang yang terdiri dari satu set 4 atau lebih).
- Dagu (Tambur besar).
- Chazi (Simbal, cengceng).
- LuoLuo (Gong).
- MuyuMuyu (Kecrek terbuat dari kayu). 

Dengan demikian musik Cina terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan dari sisi instrumen atau alat musiknya yaitu musik kuno dan musik modern.

Musik kuno Cina
Alat musik Cina pada zaman dahulu diklasifikasi berdasarkan material atau bahan untuk membuat alat musik atau konstruksi yang digunakan untuk membuat alat musik seperti terbuat dari bahan besi, sutra, batu, bambu, labu - labuan, tembikar, kulit serta kayu dan sebagainya. Instrumen tersebut antara lain :
  • Sitar panjang (qin, zheng, se)
  • Kecapi berleher lurus ( ruan, qin pipa, sanxian)
  • Flute (dizi)
  • Paixiao
  • Organ mulut (shen)
  • Perkusi : bel (zhong), lonceng (qin), ban, drums (qu) gong (luo).
Musik Modern Cina
Perkembangan musik Cina ini berawal dari daratan utama hingga berkembang di Shanghai dan sampai pada masa awal pemerintahan komunis pada tahun 1952. Musik tersebut akhirnya berpindah ke Hongkong pada tahun 1970 - an sebagai pusat musik dan kini telah dikuasai oleh musik Taiwan.

Layaknya pada di negara lain aliran musik modern Cina juga beraneka ragam seperti aliran musik Eantopop, mandarinpop, rock, punk hingga aliran musik heavymetal juga terdapat di Cina. Sedangkan pemasaran dari karir para penyanyi Cina melalui albumnya di Hongkong atau Taiwan dan merambah ke pasar Cina daratan.

Kontak budaya Cina dengan budaya Asia tengah serta India menghasilkan musik modern Cina, instrumen tersebut antara lain : Berbagai alat musik jenis biola (erhu, jinghu, gaohu dan banhu), Kecapi berleher bengkok (pipa), yangqin, Bali dan Suona.

Demikian Musik Asia timur Cina Daratan semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel