Musik Asia Tenggara Thailand dan Kamboja

Musik Asia Tenggara Thailand dan Kamboja - Musik Asia tenggara oleh para ahli dibagi menjadi dua rumpun hal tersebut terdapat pada musik tradisional Asia Tenggara. Rumpun pertama Adalah seperti Musik tradisional Malaysia, Brunei, Singapura dan Indonesia. Sedangkan Untuk rumpun kedua terdiri dari musik Myanmar, Thailand, Kamboja dan Vietnam.

Thailand
Terdapat beberapa bentuk ansambel di thailand yang berupa ansambel tradisional seperti phipat, kruang rai dan mahori. Instrumen Kruang rai adalah ansambel alat musik berdawai, Phipat merupakan ansambel alat musik tiup kayu dan perkusi, sedangkan instrumen mahori merupakan ansambel campuran dari alat musik gesek dan perkusi. Baca Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya.

Musik Asia Tenggara Thailand dan Kamboja

Thailand memiliki alat musik yang terkenal yang disebut dengan khaen. Khaen ini adalah alat musik yang cara memainkanya dengan ditiup seperti alat musik harmonika dengan ukuran besar terdiri dari 16 pipa dan terbuat dari bambu.

Sedangkan alat musik vot juga ponglang alat musik sejenis xylophone terbuat dari bahan kayu dan pin yang berupa gitar berdawai merupakan alat musik yang terdapat disebelah timur laut Thailand.

Kini bahasa Thailand juga digunakan dalam musik modern Thailand dan musik tersebut bergaya Pop dan rock yang berkembang sekitar tahun 1970 an. Sedangkan Pleng Phua Cheewit atau song for life yang merupakan gerakan oleh para musisi Thailand dengan tujuan untuk menggunakan bahasa Thailand dalam komposisi lagu karya mereka.

Gerakan tersebut disebabkan karena adanya tentara asing di Thailand serta suatu gerakan moral politik untuk mengkritik pemerintah yang diktator, sedangkan pelopor gerakan ini adalah  kelompok band Caravan dan rewat Buddhinan.

Kamboja
Terdapat dua kategori musik di Kamboja antara lain ramvong dan ramkbach. Ramvong merupakan pertunjukan musik dansa dengan tempo lambat dan ramkbach memiliki kemiripan dengan musik rakyat Thailand. Selain itu, terdapat alat musik yang berupa ansambel perkusi yang disebut dengan pinpeat yang dibawakan untuk pengiring pementasan teater atau digunakan pengiring tarian.

Musik Asia Tenggara Thailand dan Kamboja

Alat yang digunakan pada ensembel Pinpeat ini antara lain roneat ek  dan roneat thung atau berupa xylophone yang terbuat dari bambu, sedangkan kong vong touch dan kong vong thom berupa set gong , sampho berupa drum, skor thom berupa drum dengan ukuran besar dan sralai.

Selain itu masih terdapat lagi alat musik tradisional Kamboja antara lain ching berupa simbal, pia du berupa seruling, roneat berupa semacam kolintang bambu, sralay, chappey berupa bajo, gong, aneka drum dan tro berupa biola.

Demikian Musik Asia Tenggara Thailand dan Kamboja semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel