Musik di Asia Utara dan Jenis Alat Musik

Musik di Asia Utara dan Jenis Alat Musik - Musik di wilayah seperti Kazakstan, Uzbekistan dan Kyrgyztan merupakan musik yang bersifat nomaden dan pedesaan dan wilayah tersebut merupakan bagian dari musik Asia Utara.

Sedangkan untuk daerah atau wilayah Kazakhztan terdapat pengelana atau dukun juga mistik yang disebut dengan akyn, dan aitys merupakan sebuah pertunjukan yang dilakukan oleh para akyn. Selain melakukan improvisasi dengan jenaka lirik mereka juga berisi tentang masalah sosial atau politik. 

Musik di Asia utara dan jenis alat musik

Terdapat juga alat musik di wilayah Kazakhstan diantaranya the kobyz / qobuz atau dombra, sibiz - govia dan dombravaia juga kobizovaia dan untuk lagunya terbagi menjadi tiga macam diantaranya kui, jiray dan kuishi. Pada lagu kui dipercaya memiliki hubungan dengan kepercayaan religius rakyat tradisional serta mitologi kuno.

Sedangkan lagu kuishi adalah lagu yang sebelumnya ada kemudian diambil untuk penciptaan dan merupakan lagu yang memiliki pengarang, dan Jiray adalah lagu yang memiliki komposer. Ciri - Ciri dari musik Kyrgyztan pada umumnya menggunakan nada yang lebih panjang serta ditahan. Sedangkan elemen yang terdapat didaerah ini masih kental dengan pengaruh musik negara Rusia.

Manaschi adalah seorang musisi pengelana dan shaman yang terkenal nyanyian juga permainan komuz mereka dan biasanya bertema epik kepahlawanan, dan dari salah satu yang terkenal adalah epik manas yang menceritakan tentang kepahlawanan manas juga keturunanya yang berperang melawan bangsa Cina.

Shasmaqam merupakan sebuah musik klasik Uzbekistan yang terdapat pada awalnya di ibukota bukhara pada akhir abad - 16. Shasmaqam memiliki makna serta arti yang berarti 6 maqam dengan merujuk 6 bagian yang berbeda dari modus musik dan ada kemiripan dengan bangsa Persia. Baca Mengenal Jenis - Jenis Musik Afghanistan.

Sedangkan puisi sufi yang merupakan musik pembuka selain juga diselingi musik, dan musik ini ditampilkan untuk keperluan fungsi sosial karena musik ini termasuk musik populer digunakan pada acara kemasyarakatan seperti pernikahan (bazm) dan sebagainya.

Berikut ini alat - alat musik tradisional yang terdapat pada ketiga negara tersebut antara lain : Dutar (gitar), Dombra (gitar dengan 2 senar), Doyra (Drum), Rubob (Rebab), Nay (Suling bertepi lebar), Ud (gitar leher pendek)., Tambur, Surnay (shawm) dan karnay. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel