Musik India (Interval dan Raga) Unsur - Unsur Utama Musik India

Musik India (Interval dan Raga) Unsur - Unsur Utama Musik India - Musik India ditinjau berdasarkan bunyi musik itu sendiri terdapat tiga unsur utama diantaranya adalah warna bunyi, Interval dan Intensitas.  Berikut ini terdapat tiga unsur musik India.

Intensitas : Bunyi halus dan keras atau kekuatan bunyi yang relatif.
Interval    : Ketinggian nada yang relatif.
Warna Bunyi : Timbul bunyi dari kemungkinan berbagai resonansi yang membedakan antara bunyi alat musik dan (instrumen) dan suara (voice).

Bunyi berdasarkan  nada - nada yang dihasilkan oleh musik dapat dibagi menjadi lima macam diantaranya lima sumber bunyi tersebut adalah :
  • Petikan kuku digunakan untuk memetik instrumen seperti alat musik : sitar, saron dan masih banyak lagi.
  • Angin dengan melalui getaran udara sebagai contohnya alat musik suling.
  • Kulit yang terdapat pada alat musik gendang, pakavaj, tabla  dan lain sebagainya.
  • Metal yang merupakan alat musik perkusi seperti simbal dan triangle.
  • Tubuh bunyi yang dihasilkan disebut dengan suara atau vokal.

Interval Sruti

Nada - nada yang ada pada alat musik tergantung pada interval, dan sruti merupakan darimana interval nada - nada yang dihasilkan. Seperti yang terdapat pada musik India dalam satu oktaf tangga nada terdapat 22 sruti :  Nada : Do (sa) : 4, Re (Ri) : 3, Mi(ga) : 2, Fa (ma) : 4, Sol (pa) : 4, la (Dha) : 3 dan si (Ni) : 2.

Raga
Dalam musik gregorian dikenal sebagai modus dan dalam Musik India disebut raga, sedangkan dalam menciptakan melodi musik dengan menggunakan pola tangga nada dan menjadi patokan dalam menciptakan melodi dalam musik. 

Suasana raga dan susunan nada yang terdapat pada setiap raga memiliki ciri khas tersendiri serta dalam waktu tertentu yang sesuai dengan karakternya ketika raga dimainkan. Terdapat 10 pokok model raga utama antara lain : Shri, marava, Kafi, kalyana, bilaval, Khammaja, bhaivara, Bhairavi dan Yavanaputri / Asavari. Berikut ini contoh model raga seperti yang tampak pada gambar.

Musik India (Interval & Raga)

Berbagai macam Raga yang dikaitkan dengan waktu diantaranya raga untuk : sebelum matahari terbit, pada waktu matahari terbit, setelah matahari terbit, pagi menjelang siang, siang sampai sore, setelah matahari terbenam, malam awal, malam perempat pertama, malam perempat kedua, tengah malam dan larut malam, dan raga dalam berbagai musim : Musim semi dan musim hujan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel