Pengertian Apresiasi Seni Rupa Terapan Daerah

Pengertian Apresiasi Seni Rupa Terapan Daerah - Apresiasi seni rupa adalah aktivitas mengindra karya seni rupa, merasakan, menghayati dan menghargai nilai- nilai keindahan dalam karya seni serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia seni rupa, sehingga mampu memberikan komentar terhadap apa yang diapresiasi.

Apresiasi : Apresiasi adalah suatu Kegiatan atau proses seperti melihat, mendengar, menghayati, menilai, dan membandingkan sehingga dapat menghargai suatu karya seni.

Apresiasi Karya Seni Rupa : Apresiasi Karya Seni Rupa adalah suatu cara proses atau kegiatan untuk melihat, mendengar, menghayati dan membandingkan suatu karya seni untuk dinilai dinikmati dari segi keindahanya. 

Pengertian apresiasi seni rupa terapan daerah secara etimologi

Sedangkan Kata Apresiasi bila dari sudut pandang etimologi berasal dari bahasa latin "appretiatus" yang artinya “memberi putusan dengan rasa hormat sebagai cara untuk menghargai suatu keindahan karya seni”.

Selain dari sudut pandang etimologi dalam kamus umum Inggris - Indonesia to apreciate artinya “menghargai“ dan appreciation artinya “penghargaan”, yang dalam hal ini dimaksudkan penghargaan terhadap suatu karya seni.

Menjadi peka terhadap unsur seni yang terdapat didalamnya merupakan arti dari mengapresiasi seni dan berusaha untuk mengerti tentang seni yang akhirnya dapat menilai karya seni dengan baik melalui proses dengan secara sadar mampu untuk menikmati.

Pengertian seni dalam kehidupan sehari - hari terkadang mengandung pengertian keliru yang mungkin disebabkan karena kurangnya pengertian tentang seni, sehingga terjadi kesenjangan antara seni dengan lingkungan sosial juga terkadang berakibat terjadi lemahnya kadar apresiasi seni.

Berbagi perasaan lain akan dirasakan oleh orang lain yang melihat karya seni tersebut. Sebuah karya seni membuat efek lain pada diri pencipta atau apresiator dengan berbagai perasaan seperti suka tidak suka, menyenangkan atau tidak menyenangkan dan sebagainya.

Nilai indah secara umum telah banyak orang beranggapan seperti itu. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena tidak semua karya seni rupa indah dan tetap saja mengandung kata seni, sehingga dalam hal ini kembali pada subyek seniman yang menciptakan yang menentukan indah dan tidak indahnya suatu karya seni. Baca Contoh Seni Rupa Terapan Daerah.

Kebudayaan yang mengandung nilai indah (estetis) dan manusia tidak terlepas dari seni dari sepanjang sejarahnya karena seni merupakan bagian dari kehidupan manusia yang universal. Akan banyaknya kompleksitas yang terdapat di dalamnya definisi seni tidak memiliki arti tersendiri, sehingga seni lebih terarah pada konsep yang muncul secara variatif dan pandangan seseorang dijadikan acuan atau batasan melalui pemahaman dan penghayatan.

Demikian Pengertian apresiasi seni rupa terapan daerah secara etimologi semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel