Tiga Cara Mengapresiasi Seni Berdasarkan Penikmatannya

Tiga Cara Mengapresiasi seni Berdasarkan Penikmatannya - Seorang seniman akan selalu berhubung dengan media yang dipilih dalam proses penciptaan seni seperti teknik yang digunakan juga acara untuk menikmatinya. Seni Visual, seni audio dan seni audiovisual yang merupakan dari pembagian seni.
  • Seni Audio (Auditory Art) adalah seni yang dapat dinikmati melalui indra pendengaran. Berikut ini termasuk seni audio antara lain :
  1. Seni musik yang dapat dinikmati melalui rangkaian nada seperti pertunjukan piano atau gamelan.
  2. Seni sastra dinikmati dengan melalui kata - kata contohnya pembacaan drama atau puisi.
  3. Seni suara dinikmati dengan melalui media nada dan kata contohnya pertunjukan musik band.
  • Seni Visual (Visual Art) seni yang dapat dinikmati melalui indra penglihatan, sebagai contohnya seni visual art antara lain : Seni dua dimensi yang meliputi unsur seni rupa seperti : garis, cahaya, warna, bentuk, dan gerak.
Tiga cara mengapresiasi "seni" berdasarkan penikmatannya

Misalnya, seni lukis, seni grafis, dan sinematografi. Seni Tiga dimensi seni yang meliputi ruang serta wujud contohnya seni patung, Pantomim, seni tari dan arsitektur.
  • Seni Audiovisual (Auditory Visual Art) Seni yang dinimakti melalui indra pendengaran dan penglihatan sebagai contoh seni audiovisual tersebut antara lain :
a. Seni tari merupakan ekspresi perpaduan gerak dan nada.
b. Seni drama merupakan ekspresi perpaduan gerak, kata, dan visual.
c. Seni opera merupakan ekspresi perpaduan gerak, nada, dan visual.

Sedangkan untuk pembagian seni pada umumnya dai berdasarkan penikmatnya dapat dibagi menjadi lima cabang seni antara lain sebagai berikut :

Seni rupa : Seni yang dinikmati dengan melalui indra penglihatan (visual) juga peraba. Contoh hasil seni rupa antara lain : lukisan, kaligrafi, poster, reklame, spanduk, patung, diorama, kursi, meja, seni grafis, dan seni kerajinan, yang dari semua karya seni rupa terdapat unsur - unsur garis, bidang, warna, tekstur, dan volume. Baca Unsur - Unsur Dan Jenis Seni Rupa Dua Dimensi.

Seni Musik : Dengan melalui pendengaran untuk menikmati, audio yang dibentuk dengan unsur nada serta bunyi dalam alat musik, suara manusia serta gabungan dari keduanya.

Seni Tari : Seni yang diwujudkan dengan media gerak, wirasa, wirama, wiraga dan waktu dengan menggunakan pola gerakan tertentu, seni ini dinikmati dengan indra pendengaran dan visual (audiovisual).

Seni Teater : seni yang diwujudkan melalui unsur gerakan dan kata, yang dapat dinikmati melalui indra penglihatan dan pendengaran (audiovisual selain terdapat naskah, penokohan, latar tempat, dan alat pengiring. Contoh seni teater adalah teater koma.

Seni Sastra : Merupakan seni sebagai media untuk mengungkapkan pengalaman jiwa serta perasaan yang dikemas dalam bentuk bahasa, kalimat serta tulisan untuk kepuasan rohaniah. Sedangkan bentuk - bentuk karya sastra berupa prosa (struktur bahasanya bebas), puisi (struktur bahasanya terikat), dan drama (struktur dalam bentuk lakon atau cerita).
Demikian Tiga cara mengapresiasi "seni" berdasarkan penikmatannya semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel