Pengertian Seni Rupa Serta Fungsi dan Bentuk Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa Serta Fungsi dan Bentuk Seni Rupa - Kebudayaan yang mengandung nilai keindahan juga dapat disebut "seni" dimana manusia tidak terlepas dari seni karena walau bagaimanapun setiap manusia menyukai akan adanya keindahan. Dengan melalui karya seni manusia akan memperoleh kenikmatan secara batiniah.

Seperti jejak - jejak peninggalan manusia pada masa lampu telah menjadi indikasi akan adanya kegiatan seni dan tumbuh serta berkembang sesuai dengan perkembangan manusia. Jadi, kapan seni mulai dikenal manusia? tidak dapat memastikan kecuali dari peninggalan melalui jejak - jejak tersebut.

Berdasarkan Ensiklopedia Indonesia pengertian seni rupa memiliki arti sebagai penciptaan segala hal yang berupa benda sehingga karena keindahan bentuknya orang senang melihat atau mendengar. Akan tetapi tidak semua keindahan / estetika memiliki nilai artistik. Seperti yang terdapat pada sekarang ini tidak semua yang indah bernilai seni dan bukan termasuk karya seni. Baca Pengertian Apresiasi Seni Rupa Terapan Daerah.

Plato, filsuf yang terkenal dengan sebutan dewa estetika, mengatakan bahwa  "seni dan masyarakat merupakan hubungan yang tak terpisahkan. Seni integral dengan masyarakatnya, satu konsep yang tidak terpisahkan, yaitu terwujud di antaranya pada hubungan manusia dengan lingkungannya".

Keindahan Gunung bromo bukan termasuk karya seni 

Pengertian seni rupa serta fungsi dan bentuk seni rupa

Keindahan yang ada berupa benda atau obyek seni jika diciptakan oleh manusia disebut dengan keindahan seni. Sedangkan keindahan yang di luar ciptaan manusia yang bukan nilai seni seperti keindahan pantai di pulau Bali, Gunung Bromo serta keindahan seekor burung merak sebagai contohnya. Dengan demikian seni merupakan ciptaan manusia yang memiliki keindahan.

Keramik hias merupakan suatu keindahan seni

Pengertian seni rupa serta fungsi dan bentuk seni rupa

Seni rupa adalah hasil karya ciptaan manusia, baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang mengandung atau memiliki nilai keindahan yang diwujudkan dalam bentuk rupa. Selain itu terdapat juga bermacam jenis seni antara lain seni tari, musik, teater dan seni rupa.
    Fungsi dan Bentuk Seni Rupa
    Berdasarkan fungsinya seni rupa dibagi menjadi dua kelompok antara lain sebagai berikut :
    • Seni rupa murni (Fine art) adalah karya seni yang dinikmati keindahanya saja yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan batiniah seperti yang terdapat pada cabang seni grafis, seni lukis serta seni patung.
    • Seni rupa terapan (applied art) adalah seni yang diciptakan memiliki nilai fungsi atau kegunaan serta memiliki nilai seni. Sedangkan karya seni ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari sebagai contoh furniture, tekstil dan keramik.
    Contoh Seni rupa murni 

    Pengertian seni rupa serta fungsi dan bentuk seni rupa

    Contoh Seni murni terapan

    Pengertian seni rupa serta fungsi dan bentuk seni rupa

    Karya seni terapan berdasarkan wujud fisiknya dibagi menjadi menjadi dua golongan antara lain :
    • Karya seni terapan dua dimensi adalah karya seni yang memiliki ukuran panjang serta lebar dan hanya dapat dilihat dari satu arah seperti halnya wayang kulit, tenun dan batik.
    • Karya seni rupa terapan tiga dimensi adalah karya seni yang dapat dilihat dari segala arah serta memiliki volume atau ruang contohnya: Patung, rumah adat dan sebagainya.
    Demikian Pengertian seni rupa serta fungsi dan bentuk seni rupa semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel