Seni Lukis Bali dan Pengaruh Para Seniman di Bali

Seni Lukis Bali dan Pengaruh Para Seniman di Bali - Seni Lukis yang tumbuh dan berkembang di Bali memanglah sangat banyak dengan melalui karya - karya mereka, Bali dapat dikenal oleh seluruh dunia. Dalam artikel berikut ini terdapat beberapa seniman Bali dan pengaruh mereka di Bali antara lain :

Ida Bagus Made merupakan seniman yang lahir di Ubud dan menganggap Rudolf  Bonnet sebagai gurunya. Dalam karyanya merupakan  penggabungan dari pelajaran Bonnet dan apa yang telah di ajarkan oleh ayahnya. 

Ida bagus kembeng seperti dari kebanyakan karya seni dari kelompok Ubud dengan karyanya seperti Tempera diatas bardboard yang menunjukan bayangan dan terang serta banyaknya yang dipergunakan sebagai titik pusat. Selain itu juga terdapat judul seperti Bathing Place in The Temple. 

Ida Bagus Nadera yang juga merupakan kelompok batuan dan tampak pada kanvasnya dengan mempergunakan secara perlambang unsur gelap terang.

A. A. Sobrat dengan karyanya menandai titik balik seni lukis Bali kontemporer dengan karyanya bathing boys yang dalam pengerjaanya dengan karya gaya Ubud. Atas permintaan Spies lukisan awal Sobrat yang dikerjakan, sehingga karyanya kemudian menunjukan pengaruh nasihatnya, Bonnet.

Seperti seniman seni lukis Gusti made, Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Nyoman rai, Ida Bagus Made Togog serta kelompok seniman Muda Penestenan adalah orang Bali yang berhubungan dengan orang asing mengenai pembuatan sketsa dan bahan- bahan baru.

Orang Asing Belanda

W.O.J Nieuwenkamp pada tahun (1874 - 1950) mereka datang ke Indonesia pada tahun 1898. Menghasilkan serangkaian buku dengan citra gaya Bali baru pada awal abad ke - 20, yang dalam bukunya tersebut banyak memainkan bagian penting dalam penyebaran gagasan gaya seni lukis romantisme.

Berikut ini seperti yang tampak pada gambar foto pada tahun 1906 seni lukis Kamasan di Bali timur (1895- 1978) yang menunjukan seniman yang belajar seni lukis. Rudolf Bonnet (1895 - 1978) seusai perang menjadi warga Indonesia dan kemajuan seni Bali dihargai.

Seni lukis Bali dan Pengaruh para seniman di Bali

Arie Smith pada tahu (1916) yang memulai kariernya di Batavia sebagai lithographer dan pada tahun 1957 pindah ke Bali serta mendirikan kelompok yang memungkinkan pelukis berimprovisasi melalui kelompok seniman Muda. Dalam daftar karya pribadinya dipengaruhi oleh alam seni rakyat Bali dan arsitektur dengan karyanya Ballinese Boy 1985 cat minyak kanvas.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel