Lirik Lagu Daerah Jambi Njit - Injit Semut dan Maknanya

Lirik Lagu Daerah Jambi Njit - Injit Semut dan Maknanya  - Lirik Lagu Daerah Jambi Njit- Injit Semut berasal dari daerah Jambi yang terletak di peisisr timur  bagian tengah pulau Sumatera. Jambi juga dikenal memiliki  seni budaya yang terkenal seperti seni Tari Sekapur Sirih, Tari Selampit Delapan dll.

Selain seni gerak tarian yang menarik tetapi Jambi juga mempunyai lagu khas daerah yang mengandung makna. Lagu daerah Jambi contohnya Injit- injit Semut, Selendang Mayang dan Timang - Timang.

Makna lagu Njit - Injit semut dinyanyikan untuk iringan anak - anak yang sdang bermain cubit - cubitan. Permainan cubit - cubitan hanya sekedar mencubit saja yang berulang - ulang. Dalam permainan ini mengajarkan tentang emosi dan tidak menyakiti orang lain.

Dalam permainan ini tangan yang paling atas mencubit tangan teman yang ada dibawahnya, begitu juga tangan teman bermain akan melakukan hal yang sama kepada teman yang lain yang berada dibawahnya. Salah satu tangan kita yang berada dibawah akan merasakan sakit seperti sakit yang kita buat kepada tangan teman.

Dari itulah makna yang dapat kita ambil dari permainan cubit - cubitan jika kita menyakiti orang lain maka diri kita juga merasa sakit.

Lirik Lagu Daerah Aceh Njit - Injit Semut  Provinsi Jambi dan Maknanya
NJIT-INJIT SEMUT

Jalan jalan ke Tanah Deli
Sungguh indah tempat tamasya
Kawan jangan bersedih
Mari nyanyi bersama sama
Kalau pergi ke Surabaya
Naik prahu dayung sendiri
Kalau hatimu sedih
Ya rugi diri sendiri
Naik prahu ke Pulau Sribu
Sungguh malang nasibku
Punya teman diambil orang
Ramai sungguh Bandar Jakarta
Tempat orang mengikat janji
Walau teman tak punya hati
Senang dapat bernyanyi

Demikian ulasan Lirik Lagu Daerah Jambi Njit - Injit Semut dan Maknanya. Dapatkan ulasan seputar kesenian lagu daerah yang terdapat di Indonesia, kesenian tradisional dan modern baik nusantara dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel