Tari Sekapur Sirih Khas Pertunjukan Tarian Tradisional Jambi

Tari Sekapur Sirih Khas Pertunjukan tarian Tradisional Jambi - Tari Sekapur sirih adalah tari tradisional yang berasal dari daerah Jambi yang dilakukan oleh para penari wanita dengan gerakan lembut dengan properti cerano untuk persembahan. Tari ini cukup dikenal di daerah Jambi.
Tari ini pada jaman dahulu diciptakan oleh seorang yang terkenal di Jambi. Seniman tersebut bernama Firdaus Chatap dan dikenal oleh masyarakat tahun 1962 dan hanya sebuah gerakan dasar dan dikembangkan oleh para seniman. Tari ini menjadi menarik dengan alat musik iringan dan lagu dalam pertunjukannya. 

Tari ini ditampilkan sebagai tarian penyambutan tamu terhormat ketika berkunjung ke Jambi sebagai simbol keterbukaan masyarakat Jambi dalam menyambut tamu. Selain untuk penyambutan tamu juga sebagai ungkapan rasa pada saat menyambut tamu. 

Penari wanita pada pertunjukanya terdiri dari sembilan dan tiga orang penari pria sebagai penari pendukung untuk membawa properti payung dan wanita sebagai penari utama.

Tari Sekapur Sirih Khas Pertunjukan tarian Tradisional Jambi

Sedangkan untuk gerakan tari dalam pertunjukanya terbagi menjadi tiga antara lain sembah tinggi, melenggang, bersolek dan merenteng kepak serta gerakan memutar. Terdapat juga gerakan pola lantai yang menyesuaikan dengan tempat pementasan. 

Pada akhir pertunjukan tari ini adalah menyuguhkan cerano selain proses penyambutan yang unik. Cerano tersebut berisi sekapur sirih untuk mencicipi sebagai simbol ucapan selamat datang masyarakat. 

Iringan tari Sekapur Sirih ini menggunakan iringan alat musik tradisional dan modern antara lain rebana, gambus, gendang, gong dan kordeon. Permainan alat musik tradisional dengan irama khas melayu selain untuk menjadi acuan gerakan tarian. 

Busana Tari sekapur sirih adalah busana tradisional berupa baju kurung serta kain songket khas Jambi. Pada bagian kepala penari menggunakan sanggul lipat pandan, Kembang goyang dan sunting beringin. Aksesoris yang digunakan adalah pending, teratai, gelang dan selendang untuk menari.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel