Kata Kata Bijak Dan Kata Kata Motivasi Filsuf dan Negarawan Inggris Francis Bacon

Kata Kata Bijak Dan Kata Kata Motivasi Filsuf dan Negarawan Inggris Francis Bacon - Francis Bacon adalah seorang filsuf Inggris dan negarawan, ahli hukum, penulis esai, ilmuwan juga orator. Karyanya banyak mempopulerkan untuk penyelidikan ilmiah dan metodologi induktif dan memiliki julukan bapak empirisme. Metodeloginya disebut dengan metode ilmiah atau metode Bacon.

Francis Bacon adalah salah satu ilmuwan pertama yang bergelar ksatria yang diterima pada tahun 1603 dengan karyanya menciptakan Viscount St Alban tahun 1621 dan  Baron Verulam tahun 1618.

Francis Bacon merupakan tokoh peletak dasar metode induksi modern serta mensistemisasi secara logis produser ilmiah dan menjadi pelopor. Francis Bacon lahir di Strand 22 Januari 1561 London Inggris serta belajar Cambridge. Menjadikan manusia untuk menguasai kekuatan dengan perantaraan penemuan serta penemuan ilmiah.

Kata Kata Bijak Dan Kata Kata Motivasi Filsuf dan Negarawan Inggris Francis Bacon

Menurut pendapatnya panas sebenarnya benda yang menghasilkan panas pada benda apapun dengan melalui gerak yang terjadi pada suatu partikel yang lebih kecil dari suatu benda. Keberadaan yang lebih tinggi derajatnya bila dibanding dengan metode lain dan ilmuwan menghasilkan teori sebagai usualn Francis Bacon.

Bagi tokoh ini sesuatu perlu penelitian yang empiris untuk dapat mengenal sifat dan pandangan Francis Bacon adalah prkatis, utilitaris dan konkret. Karya tulis yang dihasilkan dan terkenal adalah New Atlantis, Novum Organum dan The Advancement of Learning.

Francis Bacon bukanlah penemu metode induksi dan berusaha untuk menyempurnakan metode melalui gabungan metode induksi eksperimentasi sistematis dan tradisionalis.Untuk mendapatkan kebenaran ilmiah yang konkret dibutuhkan observasi yang ekstensif, proseur ilmiah secara logis, praktis dan bermanfaat bagi manusia.

Dengan bermula dari rasio bertitik pangkal melalui pengamatan indrawi yang partikuler adalah cara induksi sederhana dan sampai ungkapan umum untuk menurunkan ungkapan secara deduktis yang kurang umum. Perlu Menghindari empat penghalang prakonsepsi agar induksi tidak terjebak pada proses generalisasi.

- Idola tribus (The Idols of Tribe) berhenti pada sebab yang diperiksa secara dangkal merupakan cara    menarik kesimpulan tanpa dasar secukupnya (Umumnya manusia awam)
- Idola specus (The Idols of the Cave) selera apriori dan berdasar prasangka sebagai cara untuk              menarik kesimpulan (seperti manusia di dalam gua/ specus).
- Idola fori (The Idols of the Market Place) ikut- ikutan pendapat umum dan menarik kesimpulan            dengan berpendapat demikian (opini public/ pasar/ forum).
- Idola theatri (The Idols of the Theatre) Berdasar dogmatis dan mitos dan menganggap dunia sebuah    panggung sandiwara sebagai dasar untuk menarik kesimpulan.

Kutipan kata kata Bijak dan Kata kata Motivasi Francis Bacon :

"Uang adalah seperti kotoran, tidak baik kecuali itu menyebar"

"Sebagian buku ditulis untuk dicicipi, yang lainnya untuk ditelan, dan sebagian kecil untuk dikunyah dan dicerna; maknanya, sebagian buku ditulis untuk dibaca segelintir saja, yang lainnya untuk dibaca, tetapi tidak dengan penuh rasa ingin tahu; dan sebagian kecil untuk dibaca seluruhnya, dengan ketekunan dan penuh perhatian"

"Harapan adalah sarapan yang baik, tetapi merupakan makan malam yang buruk"

"Kita lebih cenderung untuk mencapai kebenaran melalui kesalahan daripada melalui kebingungan"

"Diam adalah tidur yang memelihara kebijaksanaan"

"Sebuah pertanyaan yang bijaksana adalah setengah dari kebijaksanaan"

"Apakah kebenaran itu? tanya pelawak Pilatus yang kemudian berlalu tanpa mendengar jawabnya"

"Manusia takut akan kematian layaknya anak kecil takut kegelapan, dan sama halnya seperti ketakutan anak kecil yang dibumbui dengan dongeng-dongeng, begitupun juga hal yang satunya"

"Pengetahuan adalah kekuatan"

"Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berakhir dengan keraguan. Jika orang mulai dengan keraguan, dia akan berakhir dengan kepastian"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel