Raden Saleh Syarif Bustaman Lukisan Kalian Hanya mengelabui

Raden Saleh Syarif Bustaman "Lukisan Kalian Hanya mengelabui" - Raden Saleh tentunya telah mengenal nama itu. Seorang pelukis Indonesia yang terkenal. Ketika itu Raden Saleh dianggap saingan berat diantara pelukis muda Belanda yang belajar.

Para pelukis muda ketika itu mulai melukis bunga hingga mirip aslinya yang sampai membuat kupu- kupu terkecoh hinggap diatasnya. Lukisan mereka juga di perlihatkan kepada Raden Saleh, karena terhina akhirnya diam- diam Raden saleh menyingkir.
Ketika itu Raden Saleh membuat sebuah lukisan dirinya yang sedang berlumuran darah dan tidak seorangpun temanya yang mengetahuinya. Raden saleh tidak muncul berhari- hari sehingga banyak teman yang menyangka berbuat nekad karena putus asa.

Akhirnya para teman Raden Saleh mencari kerumahnya dan mendapati pintu rumahnya terkunci dan didobraklah pintu rumah Raden Saleh dan tiba- tiba menjerit karena melihat "Mayat Raden Saleh" yang tergeletak dilantai berlumuran darah dan suasanapun menjadi panik.

Raden Saleh Syarif Bustaman "Lukisan Kalian Hanya mengelabui"

Suasana gaduh dan kepanikan tersebut ternyata dari balik pintu lain Raden Saleh dan Muncul sambil tersenyum "Lukisan kalian hanya mengelabui kumbang dan kupu- kupu, tetapi gambar saya bisa menipu manusia" sehingga pelukis belanda kemudian pergi.

Raden saleh setelah lulus sekolah menjadi pelukis istana kerajaan Belanda, dan di Jerman terkenal sebagai bangsawan dari Jawa serta menjadi tamu kehormatan dari Ernst I, Grand Duke dari Saxe- Coburg - Gotha.

Penampilan Raden Saleh dianggap unik oleh para Ningrat Belanda, Belgia dan Jerman karena dalam kesharianya menggunakan pakaian adat Jawa lengkap dengan menggunakan blangkon.

Belajar pertama tentang melukis Potret dengan Cornelis Kruseman untuk lima tahun pertama dan untuk tema pemandangan belajar dengan Andries Schelfhout dan juga mempelajari ketrampilan lansekap.

Lukisan "Singa dan Ular" merupakan karya lukisanya pada tahun 1839 yang merupakan simbolisasi peperangan abadi antara baik dan jahat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel